facebook

Tips Membuat Taman Mini Terarium di Rumah

Angelina Donna
Tips Membuat Taman Mini Terarium di Rumah
Ilustrasi (shutterstock)

Anda harus disiplin dan sabar saat merawat tanaman

Suara.com - Anda tidak punya lahan lebih di rumah untuk membuat taman? Jangan khawatir, Anda bisa mengakalinya dengan membuat taman mini dengan konsep terarium.

Terarium ialah media atau wadah dari material kaca atau plastik transparan yang di dalamnya berisi tanaman. Terarium terlihat seperti taman supermini karena tanamannya ditanam di wadah yang kecil.

Bagi Anda yang ingin membuat terarium, Anda harus disiplin dan sabar saat merawat tanaman. Namun jika Anda berhasil, maka Anda bisa menjadikan terarium sebagai hiasan ruangan yang natural nan cantik.

Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika membuat terarium:

1. Pemilihan Tanaman

Gunakan tanaman yang tidak butuh perawatan khusus, seperti tanaman paku, kaktus, sukulen, dan lumut, serta yang tetap berukuran kecil meski telah dirawat. Hal ini dimaksudkan agar tanaman tidak tumbuh keluar dari wadahnya. Selain itu, pilihlah juga tanaman yang bisa tumbuh di ruangan yang kondisinya lembap dan tidak banyak terkena cahaya matahari.

2. Tentukan Wadah

Wadah yang bisa digunakan, seperti bohlam lampu, botol, dan akuarium yang tak lagi terpakai. Jika wadahnya tertutup, sebaiknya ingat untuk sesekali membuka tutupnya agar tanaman bisa merasakan udara yang segar.

3. Letakan di Tempat yang Tepat

Terarium sebaiknya tidak diletakkan di ruang terbuka yang banyak terkena sinar matahari. Cukup letakkan di dalam ruangan yang terkena sedikit sinar matahari. Selain itu, letakkan di tempat yang tidak mudah dijangkau anak-anak dan hewan peliharaan agar terarium aman dan tidak rusak.