alexametrics

Kunjungi Kawasan Industri Maspion, Luhut Minta TKDN Dinaikkan

Adhitya Himawan | Dian Kusumo Hapsari
Kunjungi Kawasan Industri Maspion, Luhut Minta TKDN Dinaikkan
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan mengunjungi kawasan industri Maspion di Gresik, Jawa Timur. [Dok Kemenko Maritim]

Menko Luhut sempat menuliskan "Produksi dalam negeri dibanggakan" pada sebuah gulungan kabel laut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, melakukan kunjungan kerja ke kawasan industri Maspion, di Gresik, Jawa Timur. Menko Luhut melakukan peninjauan ke industri pipa kabel laut dan terminal kendaraan industri. Menko Luhut sempat menuliskan "Produksi dalam negeri dibanggakan" pada sebuah gulungan kabel laut.

Setelah meninjau kawasan industri tersebut, Menko Luhut bertatap muka dengan pimpinan Maspion dan beberapa pengusaha. Pada acara ini para pengusaha menyampaikan usul, bertanya dan menyampaikan keluhan mereka mulai dari birokrasi, pentingnya reklamasi, serta infrastruktur dan transportasi.

Menko Luhut kembali mengingatkan pentingnya peningkatan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN). Menurutnya kunjungan ini adalah tindak lanjut dari paparan yang dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwa beberapa waktu yang lalu di depan Presiden Joko Wdodo.

Baca Juga: Luhut Akui Pemerintah Harus Introspeksi Soal Kasus Raja Ampat

"Pokoknya kita tingkatkan penggunaan produk dalam negeri. Kalau bisa pakai produksi dalam negeri, tidak perlu lagi impor," katanya.

Gubernur Soekarwo menurutnya telah menghitung bahwa produksi dalam negeri telah memenuhi standar dan diharapkan mampu memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Tadi pak Gubernur katakan kita ingin semampu kita menggunakan produksi dalam negeri. Beliau mengatakan tadi ada sejumlah 25 triliun bahan baku yang diimpor padahal bisa menggunakan produksi dalam negeri. Padahal dengan ini, kita bisa menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan pajak daerah," ujarnya.