Tips Bangun Rumah Tanpa Pengembang dengan Hemat

Angelina Donna
Tips Bangun Rumah Tanpa Pengembang dengan Hemat

Anda harus melakukan riset harga bangunan sendiri

Suara.com - Apakah sekarang ini Anda masih tinggal di rumah kontrakan atau kos? Apakah Anda tidak ingin memiliki rumah pribadi? Sebenarnya, Anda dapat membangun rumah sendiri tanpa memerlukan bantuan pengembang untuk menargetkan biaya yang Anda keluarkan.

Lantas, bagaimana cara membangun rumah tanpa memerlukan bantuan pengembang? Berikut tips hemat bangun rumah yang bisa Anda lakukan:

Buat perencanaan
Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah melakuan perencanaan, bagaimana pembangunan rumah tersebut dapat dilakukan mulai dari desain, tipe, dana hingga target pembangunan. Tentu perencanaan ini berguna untuk pengendalian penyimpangan yang bisa terjadi selama proses pembangunan. Anda juga harus menentukan seperti apa tipe rumah yang Anda ingini. Sesuaikan tipe rumah dengan dana yang sekarang telah Anda siapkan.

Riset harga bangunan
Karena di sini Anda melakukan semuanya sendiri, Anda juga harus melakukan riset harga bangunan sendiri. Cari harga bahan bangunan yang memiliki harga lebih rendah. Dari tahun ke tahun, harga bahan bangunan semakin tinggi, tanyakan semua bahan bangunan yang Anda perlukan di tiap toko mulai dari batu bata, semen, pasir dan yang lainnya.

Setelah itu bandingkan harga. Mana yang mempunyai kualitas bagus namun mempunyai harga yang tetap ramah kantong. Bahan bangunan yang memiliki kualitas baik tidak harus diproduksi di luar negeri, bahan bangunan lokal juga bisa Anda pilih, selain mudah ditemukan, bahan ini juga murah.

Pilih desain minimalis
Banyak desain rumah yang bisa Anda adopsi. Tidak perlu menyewa atau menggunakan jasa arsitek terkenal. Cukup pilih desain yang terlihat modern dan sesuai dengan keinginan Anda. Anda harus ingat, semakin rumit desain yang Anda inginkan, pasti akan semakin mahal pula biaya pembangunannya.

Pilih tukang bangunan dengan selektif
Membangun rumah secara mandiri, Anda memerlukan jasa tukang bangunan untuk pelaksanaan pembangunan. Karena pentingnya peran mereka, Anda harus memiliki cukup dana untuk menyewa jasanya. Sebelum menggunakan jasa mereka, konsultasikan terlebih dahulu rumah yang Anda ingin bangun mulai dari luas bangunan, desain bangunan, hingga fasilitas-fasilitasnya.

Published by

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS