Inilah Tips Sukses Bisnis Fotografi

Angelina Donna
Inilah Tips Sukses Bisnis Fotografi

Bagi Anda yang memiliki hasil jepretan yang bagus, kini saatnya untuk mengumpulkannya dalam satu portofolio

Suara.com - Memiliki penghasilan dari hobi memang sangat menyenangkan. Apalagi uang yang didapat lebih dari apa yang diekspektasikan. Namun, hobi apa yang dapat menghasilkan untung menggiurkan?

Bagi yang hobi dengan dunia tulis-menulis, Anda dapat menjadi penulis lepas. Bagi yang suka berbicara di depan kamera, Anda dapat menjadi Youtuber. Bagi yang hobi jepret sana sini, Anda dapat menjadi seorang fotografer. Apa pun hobi Anda, bisa dijadikan sesuatu yang sangat menjanjikan.

Belakangan ini, ketiga hobi dan pekerjaan yang disebutkan di atas bertumbuh sangat cepat, apalagi fotografer. Hasil jepretan yang Anda hasilkan dapat dijual sebagai langkah untuk mendapatkan uang. Namun, bagaimana jika Anda tidak memiliki kamera? Bagaimana jika Anda masih fotografer pemula? 

Berikut adalah beberapa tips untuk yang berniat bisnis fotografi dan meraih kesuksesan.

1.Jadikan Hasil Jepretan Jadi Portofolio
Bagi Anda yang memiliki hasil jepretan yang bagus, kini saatnya untuk mengumpulkannya dalam satu portofolio. Kegunaan portofolio ini untuk membuktikan bahwa Anda punya kualitas dalam menghasilkan jepretan-jepretan terbaik. Ketika klien ingin memakai jasa Anda, tinggal tunjukkan saja portofolio tersebut agar klien dapat menilai kualitas jepretan Anda. Pilihlah hasil jepretan terbaik untuk dimasukkan ke dalam portofolio.

2.Gunakan Kamera yang Memenuhi Standar
Jenis kamera yang Anda gunakan memengaruhi kualitas atau hasil jepretan. Jika kamera yang dipakai memiliki kualitas yang bagus, sudah pasti hasil jepretannya lebih bagus juga. Namun, bagus tidaknya hasil jepretan juga dipengaruhi angle dan cahaya ketika pemotretan.

Bagi Anda yang belum memiliki kamera high-end, tidak perlu khawatir. Anda dapat menggunakan kamera yang ada saat ini. Bisa juga untuk menyewa kamera high-end demi mendapatkan kualitas gambar terbaik. Berlatihlah untuk mengambil gambar dari berbagai angle atau sudut berbeda untuk mempertajam skill di bidang fotografi.

3.Minta Bantuan Teman
Untuk membuat portofolio, Anda membutuhkan sebuah objek. Objek di sini tidak boleh hanya sebatas makanan, minuman, gedung, atau benda mati lainnya. Jika Anda dapat menggunakan objek orang, mengapa tidak?

Menggunakan objek orang untuk portofolio sangat disarankan. Sebab klien Anda adalah makhluk hidup yang bergerak. Jika Anda belum memiliki klien, Anda dapat meminta bantuan teman untuk menjadi objek pemotretan.

4.Lakukan Promosi
Untuk menjadi fotografer yang dikenal, Anda perlu melakukan sedikit promosi diri. Caranya dengan membagikan sebagian kecil hasil portofolio ke media sosial. Anda dapat memilih media sosial semisal Instagram dan Facebook sebagai wadah untuk melakukan promosi.

Melakukan promosi lewat media sosial dianggap sangat ampuh untuk mencari klien. Agar klien dapat melihat hasil jepretan, usahakan jangan kunci media sosial tersebut. Biarkan profil Anda dapat dilihat banyak orang. Namun, tetaplah berhati-hati karena ada saja orang yang mengambil hasil jepretan Anda dan mengaku itu hasil jepretannya.

5.Tetapkan Harga yang Ramah di Kantong
Sebagai fotografer pemula, Anda tidak perlu mematok harga terlalu mahal untuk jasa fotografi ini. Apalagi jika yang memerlukan jasa Anda adalah teman atau kerabat sendiri. Harga yang mahal dapat Anda tetapkan ketika telah menjadi fotografer profesional dan terkenal.

Namun, Anda tidak disarankan untuk mematokkan harga yang terlalu murah. Mengapa? Karena harga yang terlalu murah membuat banyak orang tidak percaya jika kualitas jepretan nantinya akan bagus. Untuk itu, sesuaikan tarif dengan konsep pemotretan yang diminta klien.

6.Jangan Lupakan Testimoni
Testimoni ini juga menjadi poin krusial dalam bidang fotografi. Lewat testimoni inilah, nantinya klien akan mengetahui bagaimana rating atau penilaian klien lainnya terhadap hasil jepretan Anda. Jika isi testimoni banyak yang positif, kemungkinan besar klien tersebut akan menggunakan jasa Anda kembali. Selain itu, klien lainnya juga akan tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Kumpulkanlah semua testimoni yang Anda dapatkan, lalu post di media sosial.

Menjadi fotografi memang sangat menjanjikan, apalagi jika Anda berpengalaman di bidang ini. Agar kualitas foto juga semakin bagus, jangan pernah berhenti untuk belajar menangkap gambar dari angle yang berbeda. Semoga Anda dapat sukses menjalankan bisnis fotografi.

 

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Manfaat Sosial Media untuk Mengembangkan Bisnis Sendiri

Keuntungan Memiliki Asuransi Kecelakaan Diri

Menikah di Usia Ideal, Bagaimana Cara Wujudkannya bagi yang Baru Berkarier?

Published by

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS