Kisah Hari Darmawan, Bangun Taman Wisata Murah untuk Kelas Bawah

Pebriansyah Ariefana
Kisah Hari Darmawan, Bangun Taman Wisata Murah untuk Kelas Bawah
Hari Darmawan. [YouTube/Iwan Bonano Darmawan/screenshot]

Hari tewas di Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (10/3/2018) pagi,

Suara.com - Nama Hari Darmawan lekat dengan bisnis rekreasi luar ruangan, Taman Wisata Matahari. Taman ini dibangun tahun 2007 dengan mengusung konsepRecreation and Education Park.

Kala itu di Bogor jarang ada taman seperti itu, paling dekat dengan Taman Wisata Matahari adalah Taman Safari. Taman ini ada di Jalan Raya Puncak KM 77 Cilember, Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

Taman Wisata Matahari didirikan di atas lahan seluas 16,5 hektar. Hari membangun TWM sebagai anak bangsa yang mencintai tanah airnya.

Hari tinggal di daerah Cilember sejak 1975. Sebelum dibangun TWM, kawasan itu adalah kebun sayuran dan buah.

Saat ini TWM menyajikan berbagai macam wahana permainan dan fasilitas, seperti waterpark, wahana permainan air (sepeda air, bomber boat, perahu dayung, perahu motor, paddle boat, perahu naga, bola gila), wahana adventure atau petualangan ( flying fox, motor ATV, oubound, wall climbing, arung jeram dll ), serta fasilitas pendukung seperti penginapan atau hotel, saung-saung, lapangan, gazebo, restoran dan pusat belanja.

Kawasan Taman Wisata Matahari (dok Taman Wisata Matahari)

Semua wahana dan fasilitas yang ada di Taman Wisata Matahari disajikan dengan harga yang sangat terjangkau.

Dalam laman Taman Wisata Matahari, disebutkan arena itu menciptakan wahana-wahana pendidikan yang isinya mengajarkan kepada para tunas bangsa untuk dapat mengenal dan lebih dekat dengan alam, seperti Wahana Agro sawah, Wahana Ternak dan Wahana Pendidikan alam.

Semua Wahana-wahana tersebut kegiatannya sangat erat dan kental dengan unsur pendidikan, seperti membajak sawah, menanam padi, memelihara tanaman, memelihara hewan ternak, dan bagaimana cara memetik hasil dari bercocok tanam dan berternak, seperti menumbuk padi, menapi dan memerah susu sapi.

Kawasan Taman Wisata Matahari (dok Taman Wisata Matahari)

Taman Wisata Matahari sebagai tempat Wisata yang hadir dengan didasari rasa kepedulian terhadap masyarakat, terutama masyarakat menengah ke bawah.

"Dibawah pimpinan Bapak Hari Darmawan yaitu legenda bisnis ritel di Indonesia, sangat berkembang dengan pesat, dalam kurun waktu 4 tahun, Taman Wisata Matahari telah menjadi salah satu tempat Wisata terfavorit di kawasan puncak, Bogor," tulisan laman itu.

Saat ini Taman Wisata Matahari menyediakan penginapan, menyediakan wahana permainan yang sangat bervariasi dan mendidik, tempat parkir yang luas dan nyaman serta fasilitas-fasilitas lainnya guna memberikan kepuasan terhadap pengunjung.

Hari Darmawan Tewas

Misteri hilang dan ditemukannya jasad Hari Darmawan—pendiri waralaba Matahari sekaligus bos besar taman Wisata Matahari—di Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (10/3/2018) pagi, semakin menemui titik terang.

Hari bersama staf mengadakan rapat di vila sang bos, Lokawiratama Hanma, Desa Leuwimalang, Kabupaten Bogor, Jumat (9/3) hingga malam.

Dalam rapat tersebut, Hari tak menunjukkan firasat tak biasa. Rapat itu juga berjalan seperti biasanya.

Jenazah Hari masih disemayamkan di Rumah Duka Sinar Kasih, Jalan Batutulis Nomor 18A/38 Bondongan, Bogor Selatan, Kota Bogor.

Hari ditemukan tewas di Sungai Ciliwung, Desa Leuwimalang, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Sabtu (10/3) pagi.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS