Boediono Sarankan Jokowi Contek Kebijakan Ekonomi Orde Baru

Reza Gunadha | Dian Kusumo Hapsari
Boediono Sarankan Jokowi Contek Kebijakan Ekonomi Orde Baru
Boediono (kiri). (Antara/Andika Wahyu)

Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kebijakan Orba. Kalau dilihat kinerja ekonomi dan sosial, Indonesia sangatlah baik"

Suara.com - Mantan Wakil Presiden Indonesia Boediono menyarankan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, mencontek kebijakan perekonomian era Orde Baru.

Menurut pasangan politik Presiden keenam Susilo Bambang Yudhoyono itu, kebijakan era Soeharto bisa mendongkrak naik pertumbuhan perekonomian.

“Ada banyak hal yang bisa dipelajari dari kebijakan Orba. Kalau dilihat kinerja ekonomi dan sosial, Indonesia sangatlah baik. Misalnya, pertumbuhan ekonomi selama 30 tahun pada kisaran 7 persen, angka kemiskinan hanya sekitar 2 persen, dan indikator sosial seperti pendidikan serta kesehatan juga menunjukkan perbaikan,” kata Boediono di kantor Bank Indonesia, Jakarta Pusat, Rabu (28/3/2018).

Menurutnya, sangat penting pemerintah menelaah hal positif dari kebijakan Orba. Namun, ia mengatakan Indonesia kekinian tak harus kembali mengenyam situasi politik otoriter ala Orba.

Ia amengatakan, situasi politik Indonesia kekinian sudah sangat berbeda dengan era Soeharto. Menurutnya, situasi politik sudah lebih baik ketimbang Orba, tapi dalam perekonomian, belum efektif.

Boediono mengatakan, kebijakan perekonomian era Orba diklaimnya efektif karena terdapat konsepsi dan kontinuitas pelaksanaan.

Selain itu, juga terdapat fokus jelas dan kebijakan yang koheren sehingga menghasilkan pertumbuhan ekonomi baik.

“Ini terjadi karena memang dalam suasana sistem politik saat itu, tidak seperti sekarang yang full demokrasi. Tapi kita tidak perlu kembali ke (politik) Orba,” tandasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS