Wapres JK: Banyak Asuransi Tapi Dikendalikan Asing, Kenapa?

Dythia Novianty | Dian Kusumo Hapsari
Wapres JK: Banyak Asuransi Tapi Dikendalikan Asing, Kenapa?
Wakil Presiden Jusuf Kalla. [Suara.com/Kurniawan Mas'ud]

Meski berkembang pesat, Wakil Presiden Jusuf Kalla menyinggung industri asuransi di Indonesia yang dikuasai asing.

Suara.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla sempat menyinggung soal perkembangan industri asuransi di Indonesia sangat pesat. Namun, JK menyayangkan pertumbuhan industri asuransi tersebut. Pasalnya, tumbuhnya industri asuransi ini bukan dikendalikan oleh pelaku usaha nasional, melainkan lebih banyak dikendalikan oleh perusahaan asing.

“Di Indonesia ini banyak asuransi. Tapi kita lihat semua, yang pegang kendali sebagian besar ini adalah asuransi asing. Manulife, AXA, macam-macam lah. Kenapa itu terjadi?" JK di kantor Wakil Presiden, Jakarta Pusat, Rabu (25/4/2018).

Menurut JK, menjamurnya perusahaan asuransi yang dikelola asing ini bukan karena perusahaan asuransi nasional tidak mampu menggarap pasar di dalam negeri.

“Saya yakin asuransi nasional bisa, tapi ini permasalahannya terletak pada pengelolaan dana asuransinya,” kata JK.

Pengelolaan dana asuransi, menurut JK, industri nasional hanya fokus dalam mengembangkan investasi di deposito. Padahal, asuransi nasional bisa berinvetasi di sektor lain yang bisa memberikan nilai tambah.

“Kan bisa beli surat utang atau berinvestasi di sektor properti atau ikut bangun tol. Jadi jangan hanya berpikir yang ada di depan mata saja,” ujarnya.

loading...
Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS