Usia ke-57, Inilah Sejumlah Inovasi Layanan Jasa Raharja

Adhitya Himawan | Welly Hidayat
Usia ke-57, Inilah Sejumlah Inovasi Layanan Jasa Raharja
Jasa Raharja luncurkan buku Service Transformasi Perjalanan Jasa Raharja Mencapai Service Excellent di Jakarta. [Suara.com/Welly Hidayat]

Jasa Raharja meluncurkan "Service Transformasi Perjalanan Jasa Raharja Mencapai Service Excellent".

Suara.com - PT. Jasa Raharja menggelar acara peluncuran dan bedah buku "Service Transformasi Perjalanan Jasa Raharja Mencapai Service Excellent" di hotel The Westin Jakarta, Jalan H.R. Rasuna Said, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2017). Acara ini dilakukan dalam rangka ulang tahun ke-57 badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak di bidang usaha asuransi tersebut.

Direktur Utama PT. Jasa Raharja, Budi Setyarso di usianya yang ke-57, Jasa Raharja akan terus berupaya meningkatkan pelayanan kepada setiap korban kecelakaan alat angkutan penumpang umum dan lalu lintas jalan. Dalam rentang waktu yang cukup panjang, Jasa Raharja mendapatkan rintangan yang menjadi tantangan sekaligus kesempatan dalam melakukan transformasi pelayanan kepada masyarakat.

Menurutnya, hal tersebut bukan masalah yang mudah dan butuh kerja keras.

"Ini keberhasilan transformasi layanan yang dilakukan Jasa Raharja tercipta karena didukung oleh pengembangan faktor kunci pendukung terutama budaya PRIME (Proaktif,Ramah, Ikhlas,Mudah, dan Empati," kata Budi, Rabu (10/1/2018).

Selain budaya kerja Prime, kata Budi, Jasa Raharja melakukan inovasi dalam memberikan pelayanan serta kerja sama dengan instansi seperti kepolisian.

Pertama, melakukan digitalisasi proses dan sinkronisasi data korban kecelakaan dengan kepolisian khususnya Korlantas Polri.

Kedua, Kerja sama data online dengan Dukcapil untuk mengujinkeabsagan data kependudukan korban maupun ahli waris.

Ketiga, Kerja sama pembayaran santunan dan pembukaan rekening korban atau ahli waris dengan Bank Rakyat Indonesia berupa Cash Management System (CMS).

"Keempat kami lakukan kerja sama dengan 1.068 rumah sakit di seluruh Indonesia, yang bertujuan untuk menjamin biaya perawatan korban kecelakaan lalu lintas," ujar Budi.

Kemudian, Jasa Raharja juga melakukan perubahan Inovatif dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dalam pengembangan jaringan pelayanan.

Seperti mengoptimalkan dengan kerja sama kemitraan bersama Organda, Kemenhub, Disdukcapil,Korlantas Polri, Rumah sakit, BPJS, Dispenda, Bank Pemerintah, Bank Daerah, dan BUMN.

Selanjutnya, pengembangan proses pelayanan terkait optimalisasi proses internal bisnis. Digitalisasi berkas santunan dan penambahan fitur aplikasi berbasis mobile untuk masyarakat.

"Itu ditujukan bagi efisiensi layanan dan komunikasi kepada masyarakat," kata Budi.

Kemudian Jasa Raharja, Melakukan pengembangan standar layanan, Pengembangan Proses Pembayaran Iuran dan Pengembangan dukungan Layanan (SDM, IT Pengelolaan, Keuangan, Pengelolaan Risiko, Pengawasan Internal dan Komunikasi Korporat).

"Jadi secara internal Jasa Raharja terus melebarkan jaringan pelayanan yangbtersebarbdi 29 kantor cabang, 63 Kantor perwakilan, 67 Kantor Pelayanan Jasa Raharja (KPJR) fan 1.285 kantor Samsat," kata Budi.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS