11 Bank Sokong Inalum Akuisisi Saham Freeport

Bangun Santoso | Dian Kusumo Hapsari
11 Bank Sokong Inalum Akuisisi Saham Freeport
PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum). [bumn.go.id]

Untuk proses divestasi saham Freeport, Inalum juga mengandalkan dana dari holding BUMN

Suara.com - PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum) mendapat kepastian pinjaman dari bank untuk membeli saham PT Freeport Indonesia sebesar 3,85 miliar dollar AS yang ditargetkan selesai dalam dua bulan.

Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, ada 11 bank yang siap menyuntik modal Inalum untuk membeli saham Freeport Indonesia.

"Ada 11 bank yang siap membantu mendanai transaksi. Belum bisa bicara (bank-nya)," kata Budi, di Kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7/2018).

Budi juga tidak merinci berapa banyak pinjaman yang bakal diberikan oleh 11 bank tersebut. Ia hanya memastikan, untuk proses divestasi saham Freeport, pihaknya akan ikut mengandalkan dana dari holding BUMN pertambangan yang dipimpin oleh Inalum.

"Masih didiskusikan. Tapi posisi cash Inalum sendiri kan sekitar mendekati 1,5 miliar dollar AS itu holding," kata dia.

Dari total 3,85 miliar dollar AS itu, sebanyak 3,5 miliar dollar AS akan digunakan untuk mengambil Participating Interest (PI) Rio Tinto di PTFI yang kemudian dikonversi jadi saham. Sedangkan 350 juta dollar AS sisanya untuk mengambil 100 saham FCX (Freeport McMoran Incorporated) di PT Indocopper Investama yang memiliki 9,36 persen saham di PTFI.

"Kami harapkan dalam dua bulan bisa selesai. Seluruh dokumentasi sekarang supaya transaction closing-nya jadi semua," imbuh Budi.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS