Ini Daftar 9 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia

Iwan Supriyatna | Dian Kusumo Hapsari
Ini Daftar 9 Negara dengan Biaya Hidup Termurah di Dunia
Ilustrasi turis sedang belanja. [shutterstock]

9 negara ini biaya hidupnya sama seperti Indonesia.

Suara.com - Berpelesiran ke luar negeri dan menghabiskan waktu liburan lebih lama, menjadi impian setiap orang. Apakah ada di antara kalian yang ingin berlibur dan melakukan perjalanan ke luar negeri dalam waktu lama?

Jika impian tersebut masih belum bisa terwujud karena keterbatasan dana dan khawatir dengan mahalnya biaya yang akan dikeluarkan.

Tenang saja, sebenarnya ada beberapa negara yang tetap bisa dikunjungi tanpa mengeluarkan uang banyak. Sebab negara-negara ini dikenal memiliki biaya hidup yang murah.

Dilansir dari Business Today, berikut 9 negara dengan biaya hidup termurah dan bisa menjadi tujuan liburan dalam waktu lama:

Afrika Selatan

Jika Anda ingin berkunjung ke sebuah kota besar di Afrika Selatan seperti Cape Town, Anda hanya perlu mengeluarkan uang sekitar Rp 5 juta untuk biaya hidup per bulan.

Sementara untuk sewa satu kamar tidur apartemen dengan rata-rata harga yang harus dibayar sekitar Rp 3.500.000 per bulan. Bahan makanan dan barang-barang konsumsi di sini juga lebih murah dibandingkan dengan kota-kota besar di negara lain.

Filipina

Meskipun memiliki nilai tukar mata uang yang lebih tinggi dibanding Indonesia, tapi standar biaya hidup di Filipina tergolong sama bahkan lebih murah dibanding Indonesia.

Seperti misalnya, harga sekali naik Jeepney adalah sekitar 8 Peso atau Rp 2.000. Harga kamar pinggir pantai dengan akses pantai pribadi di Palawan bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 600 ribuan saja. Sementara harga hotel di pusat kota bisa Anda temukan mulai dari Rp 150 ribuan.

Jika di Indonesia biaya makan di hotel bintang lima bisa mencapai Rp 500 ribu per orang, maka di Negara ini Anda bisa makan di hotel bintang lima di Manila dengan seorang teman lagi hingga kenyang.

India

Di negara dengan tingkat pertumbuhan tertinggi di dunia ini, Anda bisa menemui makanan, tempat menginap, bahkan transportasi umum seperti di Indonesia yang sangat murah.

Biaya hidup di India pun tergolong rendah. Dengan Rp 250 ribu saja, Anda sudah bisa naik kereta AC dengan fasilitas lengkap. Makanan dan penginapan juga tak jauh dari harga yang Anda bayar jika berwisata di Indonesia.

Hal ini didukung juga dari industri-industri yang berkembang di India seperti tekstil dan pengolahan makanan. India juga memiliki daya beli lokal yang relatif tinggi dibanding negara lain.

Taiwan

Hingga saat ini, Taiwan belum menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia. Selain karena pergi ke Taiwan masih membutuhkan visa, lokasinya yang dekat dengan Jepang dan China juga membuat negara ini kalah bersinar.

Tapi sebetulnya, biaya hidup di Taiwan tergolong jauh lebih murah dibandingkan dengan Jepang dan China. Malah bisa dibilang hampir sama seperti biaya hidup di Indonesia. Di sini, Anda bisa mendapatkan penginapan mulai dari Rp 150 ribuan saja di daerah Taipei.

Harga makanan pun tergolong murah, dengan rata-rata sekitar Rp 20.000 per sekali makan. Sementara untuk transportasi memang tergolong lebih mahal dari Indonesia.

Tapi system transportasi di Taiwan sudah sangat terintegrasi, bersih dan sangat terjadwal.

Belilah IC Card atau kartu terusan yang bisa dipakai untuk naik bis, MRT ataupun kereta antar daerah. Harga naik bis sekali jalan mulai dari Rp 6.500, sementara MRT berkisar dari Rp 8.000.

Malaysia

Nilai tukar Ringgit Malaysia terhadap rupiah memang tergolong tinggi. 1 Ringgit bernilai sekitar Rp 3.000. Namun, standar biaya hidup di Malaysia kurang lebih sama seperti di Indonesia.

Sebagai contoh, harga 1 botol air mineral di Malaysia berkisar dari RM 1-1,5 atau jika di rupiahkan berkisar Rp 3.000 hingga Rp 4.500 per botolnya. Anda juga bisa menemukan makanan mulai dari RM 2.5, seperti roti canai.

Dengan RM10 Anda sudah bisa mendapatkan Nasi Briyani lengkap dengan daging. Harga hotel bintang 2 bisa ditemukan mulai dari Rp 145.000 dan hotel bintang 3 pun kurang lebih sama dengan Indonesia, sekitar Rp 300.000 hingga Rp 500.000 per malamnya.

Transportasi pun tergolong murah di Malaysia. Di Kuala Lumpur pada khususnya, dengan jaringan transportasi yang sudah sangat terintegrasi, Anda bisa naik LRT ke berbagai tujuan dengan harga mulai dari RM 1 saja sekali jalan. Sementara untuk taksi memang tergolong lebih mahal, kurang lebih sama seperti harga taksi di Jakarta.

Thailand

Thailand memang terkenal sebagai Negara yang digemari wisatawan Indonesia karena memiliki biaya hidup yang murah. Harga rata-rata makanan di Bangkok, misalnya, berkisar di angka Rp 20.000-40.000 saja.
Kamar pribadi untuk dua orang di pusat kota juga bisa didapat dengan harga mulai dari Rp 100 ribuan.

Sementara untuk berkeliling kota, Anda bisa naik BTS Skytrain atau MRT yang berkisar di harga Rp 6.000-20.000 per sekali jalan, tergantung seberapa jauh Anda pergi dan apakah Anda melewati zona yang berbeda atau tidak. Meski demikian, tidak semua kota di Thailand memiliki standar biaya hidup yang murah.

Di Phuket misalnya, walaupun harga penginapan tergolong murah, harga makanan dan transportasi cenderung lebih mahal.

Bolivia

Bolivia memang sebuah Negara kecil di Amerika Selatan. Negara ini berbatasan dengan Brasil di sebelah utara dan timur, Paraguay dan Argentina di selatan, serta Chili dan Peru di bagian barat.

Meski masuk benua Amerika Selatan, biaya hidup di negeri yang dikelilingi Pegunungan Altiplano ini tak semahal Negara-negara tetangganya. Untuk menginap, kamu cuma butuh biaya Rp 250.000 per malam.

Tak perlu khawair mengeluarkan biaya mahal untuk mengunjungi tempat wisata. Cukup berkeliling kota saja, Anda sudah bisa mendapatkan pemandangan yang indah.

Bolivia juga terkenal dengan pesta rakyat dan tarian adat yang autentik. Ada karnaval Ouro sebagai perayaan The Virgin of Candelaria yang bisa kamu ikuti, serta rumah Pedro Domingo Murillo yang menjadi legenda sejarah Bolivia yang bisa Anda kunjungi.

Kamboja

Kamboja kini tengah digandrungi para traveler dari seluruh penjuru dunia. Negara yang masuk keanggotaan ASEAN ini menawarkan tempat menginap dan makan yang cukup murah, khususnya bagi para backpacker. Dengan hanya Rp 50.000 per orang, Anda sudah dapat menginap di hostel.

Sedangkan untuk makan, Anda cukup membayar Rp 13.000-50.000 sekali makan. Soal destinasi wisata Anda juga tidak perlu khawatir, di Negara ini terdapat Angkor Wat Archaelogical Park, yaitu sebuah candi yang masuk situs warisan dunia UNESCO.

Hanya sekitar Rp 200.000, Anda sudah bisa berkeliling di tempat bersejarah tersebut. Ada banyak pula candi yang bisa Anda kunjungi di Kamboja sambil melihat matahari terbit, yang tiketnya ramah di kantong.

Vietnam

Selain Kamboja, Anda juga dapat mengunjungi Negara Vietnam yang belakangan juga menjadi ramai dikunjungi wisatawan mancanegara.

Hal ini disebabkan karena pemerintah setempat tidak mematok tarif mahal untuk makanan lokal, penginapan, maupun destinasi wisata.

Tempat menginap pun hanya dibandrol mulai dari Rp 70.000 per orang. Biaya makan juga tak kalah murah dengan Kamboja. Dengan menu makan lengkap, Anda cuma harus merogoh kantong sekitar Rp 150.000.

Makanan lokal sepanjang jalan juga bisa kamu temui dengan harga yang relatif murah, yakni Rp 20.000 per orang. Untuk destinasi wisata, Anda tidak perlu khawatir karena Vietnam memiliki garis pantai sepanjang 3.000 kilometer. Pantai yang disuguhkan pun sangat indah. Menarik banget untuk dikunjungi kan!

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS