Catat, Ini 5 Cara untuk Menciptakan Ide Brilian!

Arsito Hidayatullah
Catat, Ini 5 Cara untuk Menciptakan Ide Brilian!
Ilustrasi berpikir, mencari ide brilian. [Shutterstock]

Ide brilian atau ide cemerlang terkadang susah didapat, tapi ada beberapa hal yang bisa memunculkannya.

Suara.com - Ketika Anda tak punya sebuah ide, apalagi ide brilian, rasanya pasti akan sulit melakukan sesuatu. Rencana yang sebelumnya ingin dilakukan, kerap kali malah terhambat karena buntunya ide.

Untuk menemukan ide cemerlang sendiri tentu tak semudah yang dikira, karena butuh waktu dan pikiran yang segar. Sementara, tanpa hadirnya ide, bisa jadi pekerjaan Anda menjadi tidak terselesaikan sesuai deadline.

Walaupun terdengar susah untuk mendapatkan ide cemerlang atau brilian, Anda harus percaya bahwa sebenarnya ide itu mudah dicari. Untuk itu, bagi Anda yang sering kesulitan dalam mendapatkan ide, ada beberapa hal di bawah ini yang justru bisa membantu Anda untuk menemukan ide cemerlang.

Jadi, tak perlu bimbang dan pusing sendiri. Berikut cara untuk menciptakan ide brilian seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Tahu Tantangan yang Sedang Dihadapi

Hal pertama yang bisa dilakukan untuk mendapatkan ide cemerlang adalah Anda harus tahu tantangan apa yang sedang dihadapi. Nah, tantangan ini bisa membantu Anda untuk mendapatkan ide brilian.

Tantangan di sini bisa berarti sebagai masalah yang sedang dihadapi. Biasanya, ketika seseorang ditimpa masalah, ia sangat membutuhkan solusi. Setelah direnungkan, dalam benak pun tetiba akan muncul sesuatu yang dicari.

Jadi, dengan pikiran yang tenang dan jernih, cobalah merenungkan tantangan apa yang sedang Anda hadapi. Maka, Anda pun akan bisa menemukan ide-ide brilian sebagai solusi untuk mengatasi masalah yang menghadang tersebut.

2. Catat Segera Ide yang Sempat Melintas di Pikiran

Cara selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah mencatat segera apa saja yang sedang melintas di benak atau pikiran. Misalnya, ketika Anda sedang asyik-asyiknya berjalan santai di taman atau sedang mendengarkan musik, bisa saja Anda mendapatkan sebuah ide. Ketika hal ini terjadi, jangan diabaikan, dan langsung catatlah ide tersebut di kertas atau gadget.

Makanya, ketika Anda sedang bepergian, usahakan untuk selalu membawa buku catatan kecil atau apa pun yang bisa digunakan untuk mencatat, karena ide brilian bisa datang kapan saja dan di mana saja.

3. Beristirahatlah Dahulu dengan Tidur Cukup

Jika pikiran Anda sedang jenuh, hal ini bisa membuat munculnya ide pun menjadi buntu. Solusinya adalah beristirahat sejenak dengan tidur yang nyenyak. Dengan begitu, Anda bisa membiarkan alam bawah sadar menguasai tubuh dan pikiran.

Bahkan, tidur yang nyenyak juga bisa membuat Anda sejenak melupakan masalah yang selama ini membuat Anda kepikiran terus. Buatlah pikiran Anda menjadi tenang dan nyaman dengan tidur, sehingga pikiran menjadi jernih kembali saat Anda terbangun. Dengan begitu, ide brilian yang Anda tunggu-tunggu tentu bisa lebih mudah didapat.

4. Mintalah Pendapat Orang yang Anda Percayai

Cobalah atur waktu untuk bertemu dengan orang-orang yang Anda percayai, seperti keluarga, teman atau kerabat. Dengan mengobrol dan bertukar pikiran, ini bisa menjadi sarana terbaik untuk mendapatkan ide-ide baru yang brilian.

Jika Anda biasanya sendiri dan merasa kesulitan untuk mendapatkan ide, maka Anda butuh keluar rumah dan bertemu dengan orang yang dipercayai untuk mengobrol. Dengan mengobrol, Anda menjadi mudah terpacu untuk membangun ide-ide baru dari perbincangan tersebut.

5. Carilah Lingkungan yang Mendukung

Bila biasanya Anda mendapatkan ide dari hal-hal yang berbau teknologi, seperti internet, maka sekarang cobalah untuk mengubah kebiasaan tersebut. Anda bisa melakukan aktivitas yang menciptakan suasana menyenangkan, seperti berbelanja, melakukan hobi yang disukai, berjalan santai di taman, bersepeda, dan lain-lain.

Dengan melakukan aktivitas yang Anda sukai, tentu akan menciptakan perasaan senang dan pikiran menjadi segar kembali. Dan hal itu kemudian bisa membuat Anda menjadi lebih bersemangat untuk menciptakan ide hebat.

Yakinlah Anda Mampu Menghasilkan Ide yang Brilian

Hal-hal yang terjadi di dalam kehidupan Anda adalah gambaran dari pikiran Anda. Maka dari itu, buatlah diri Anda untuk selalu memikirkan hal-hal positif. Bayangkan diri Anda memiliki hal yang paling Anda inginkan saat ini, dan yakinkan diri mampu untuk menciptakan ide-ide brilian. Setelah itu, tinggal Anda wujudkan dengan usaha dan kerja keras untuk meraihnya.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

7 Ide Usaha untuk Kamu Para Fresh Graduate

Ide agar Libur Akhir Tahun Kamu Tetap Seru Meski di Rumah

Ini 6 Ide Bisnis Waralaba yang Menguntungkan

Published by

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS