Anda Sudah Pantas Jadi Pemimpin Jika Punya Pola Pikir Seperti Ini

Arsito Hidayatullah
Anda Sudah Pantas Jadi Pemimpin Jika Punya Pola Pikir Seperti Ini
Ilustrasi kualitas pemimpin, kepemimpinan. Shutterstock)

Apakah Anda sudah pantas jadi pemimpin? Pola pikir apa saja yang harusnya dimiliki seorang pemimpin?

Suara.com - Untuk menjadi pemimpin yang hebat, dibutuhkan usaha dan kerja keras , selain juga memiliki pola pikir tersendiri. Yang jelas, tak ada pemimpin yang secara instan bisa menjadi hebat, tanpa melalui berbagai rintangan terlebih dahulu.

Pemimpin biasanya menjalani tahap demi tahap dalam hidup, hingga terbentuk jiwa kepemimpinan dalam dirinya. Jika ditarik kesimpulan, kita sebenarnya bisa mempelajari bagaimana cara menjadi pemimpin idaman, dengan mengetahui desain cara berpikir seorang pemimpin.

Tidak semua orang bisa dan mampu menjadi seorang pemimpin. Tapi, semua orang punya peluang untuk jadi pemimpin. Mungkin terbersit di benak, apakah diri kita sudah pantas jadi pemimpin? Lalu, pola pikir apa saja yang tertanam pada seorang pemimpin?

Seperti dikutip dari Cermati .com, berikut tanda-tanda bahwa Anda sudah pantas menjadi seorang pemimpin, apabila punya pola pikir seperti ini.

1. Selalu Fokus Mencari Solusi

Saat menghadapi suatu masalah, apakah Anda fokus pada solusi yang paling mungkin untuk diambil? Lalu, apakah Anda mendiskusikannya dengan tim untuk menentukan solusi mana yang paling baik untuk diambil?

Hal ini Anda lakukan karena menilai bahwa jangan sampai solusi tersebut hanya menguntungkan satu pihak saja, tapi harus adil. Dan untuk mendapatkan solusi terbaik, maka Anda akan melihat pada inti dan akar masalah, sehingga punya gambaran bagaimana masalah itu terbentuk dan bagaimana cara mengatasinya.

Jika ciri tersebut ada pada diri Anda, maka Anda sudah memiliki satu poin untuk menjadi pemimpin.

2. Selalu Menarik Garis Lurus dari Setiap Titik

Ciri selanjutnya bahwa Anda sudah pantas menjadi seorang pemimpin adalah apabila punya desain cara berpikir mirip dengan desain visual pada umumnya. Tepatnya, Anda selalu menggambarkan ide-ide cemerlang untuk sebuah kasus, kemudian Anda menarik garis lurus di setiap ide yang muncul untuk mendapatkan garis besarnya.

Anda kemudian akan menandai setiap poin masalah dan ide solutif untuk mengatasinya. Nah, apakah Anda sudah terbiasa melakukan hal ini?

3. Tak Mati Rasa tapi Punya Rasa Empati

Bisa merasakan apa yang orang lain sedang rasakan, menunjukkan bahwa seseorang memiliki rasa empati. Dan orang yang pantas menjadi pemimpin salah satunya adalah punya empati.

Jika Anda termasuk orang yang juga punya empati, maka salah satu poin bahwa Anda layak jadi pemimpin sudah ada di genggaman. Sebab, pemimpin yang memiliki empati akan berusaha mengetahui dan merasakan apa yang dialami atau menimpa anak buahnya.

4. Terbiasa Mencari dan Menerima Umpan Balik

Umpan balik (feed back) adalah untuk memastikan apakah hal yang selama ini dilakukan sudah baik atau belum. Seorang pemimpin sangat peduli akan umpan balik yang diterimanya.

Misalnya, Anda menerapkan kebijakan untuk menggeser jam masuk kerja dari jam 07.00 ke jam 08.00, agar tidak banyak karyawan yang terlambat. Untuk mengetahui apakah solusi tersebut berjalan dengan baik atau tidak, Anda perlu melihat umpan balik dari setiap pegawai.

Apakah mereka merasa senang? Atau, apakah masih ada yang telat? Apakah pekerjaan jadi lebih produktif? Terhadap semua itu, seorang pemimpinlah yang bisa menyimpulkannya.

5. Memiliki Pemikiran yang Terbuka

Sebagai pemimpin, Anda tentunya harus bersikap terbuka atas segala pemikiran yang ada. Begitulah cara kerja atau desain berpikir seorang pemimpin. Apalagi untuk menemukan ide-ide jitu nan kreatif dan solutif, dibutuhkan sebuah eksperimen sederhana.

Bayangkan jika seorang pemimpin tidak memiliki pemikiran terbuka untuk menemukan solusi terbaik bagi timnya. Maka, hampir pasti dia akan menjadi bos menyebalkan, yang diperbincangkan oleh setiap karyawannya di jam makan siang.

6. Bisa Bersinergi dalam Tim

Seorang pemimpin juga harus bisa bersinergi sekaligus membuat sinergi dalam tim. Dia harus bisa memberdayakan setiap anggota tim untuk terlibat dalam kemajuan kantor. Artinya, jangan sampai ada karyawan yang tidak ikut berkontribusi dalam pekerjaan dengan benar.

Pemimpin juga harus bisa melihat potensi-potensi karyawan yang dimilikinya. Misalnya si A lebih cocok untuk marketing, si B lebih cocok memimpin proyek selanjutnya, dan lain sebagainya.

Jika Anda sudah bisa bersinergi dan membangun sinergi, serta juga mampu melihat serta menggali potensi bawahan, maka Anda adalah salah satu pemimpin yang pantas menduduki posisi tersebut.

7. Selalu Ada Alasan Kuat untuk Langkah yang Diambil

Sebagai pemimpin, setiap langkah yang diambil haruslah memiliki alasan di baliknya. Jangan asal ambil keputusan tanpa pertimbangan sebelumnya. Untuk itu, suarakan kepada karyawan tentang visi-misi Anda sebagai pemimpin.

Setelah itu, jelaskan alasan mengapa mengambil suatu langkah tertentu. Pemimpin yang hebat pasti bisa menyambungkan antara visi-misi, serta langkah yang akan diambil selanjutnya dalam menyukseskan perusahaan.

Jadilah Sosok Pemimpin yang Membanggakan

Hal paling penting untuk menjadi pemimpin hebat adalah tidak mudah menyerah. Jangan pernah mengatakan "tidak bisa" terhadap setiap masalah yang muncul. Di mana ada kemauan, di sana ada jalan.

Dengan kata lain, tidak ada masalah yang tidak memiliki solusi. Lebih dari semua itu, yang tak kalah penting juga adalah selalu menjaga profesionalisme, serta selalu berupaya untuk bertindak adil.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

5 Tips Menjadi Pemimpin Ideal yang Disukai Bawahan

7 Hal Sederhana yang Ternyata Bisa Bikin Orang Sukses

Kata-kata Inspirasi Sukses dari 3 Wanita Berpengaruh Dunia

Published by
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS