Pemerintah Pastikan Mustahil Bisa Hentikan Produk Impor Masuk ke Indonesia

Iwan Supriyatna
Pemerintah Pastikan Mustahil Bisa Hentikan Produk Impor Masuk ke Indonesia
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita. [Antara/Agus Setyawan]

"Kami tidak mungkin untuk mengatakan kami stop impor, tidak bisa."

Suara.com - Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita memastikan pemerintah tak akan bisa menghentikan arus produk impor yang masuk ke dalam negeri.

Pasalnya, jika produk impor ditahan untuk tidak masuk ke dalam negeri, hal itu justru akan berimbas ke ekspor produk lokal yang juga akan tertahan.

"Kami tidak mungkin untuk mengatakan kami stop impor, tidak bisa. Kalau kita melakukan itu maka produk Indonesia pun akan dihentikan untuk ekspor," kata Mendag Enggartiasto Lukita.

Menurut Mendag Enggartiasto Lukita, upaya yang paling logis untuk dilakukan saat ini adalah dengan terus mendorong produk industri dalam negeri agar mampu bersaing dan mendominasi pasar-pasar ritel lokal.

"Yang justru harus kita lakukan adalah mendorong industri dalam negeri. Kita mau menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Kita mau kita unggul paling tidak di negeri sendiri," ucapnya.

Untuk memperkuat ekspansi produk lokal di pasar dalam negeri, Kemendag akan bekerja sama dengan pelaku ritel modern yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) untuk memprioritaskan produk lokal masuk pasar ritel.

Meski demikian, agar mudah masuk di pasar ritel seluruh produk UKM dalam negeri harus terlebih dahulu dipastikan memiliki kemampuan produksi dengan jumlah yang cukup, memiliki kemasan yang bagus, serta harga terjangkau.

"Pasar ritel modern Aprindo saya akan panggil tetapi dari sisi perizinan mereka harus diberesin dulu," kata dia. (Antara)

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS