Mimpi Jusuf Kalla, Produk Indonesia Bisa Seperti Cina Ada Dimana-mana

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Mimpi Jusuf Kalla, Produk Indonesia Bisa Seperti Cina Ada Dimana-mana
Wakil Presiden Jusuf Kalla. ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto

Produk asal Cina sangat mudah ditemui dimana pun.

Suara.com - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) menginginkan produk buatan Indonesia bisa membanjiri pasar dunia seperti yang telah dilakukan Cina .

Menurut Ketua umum Palang Merah Indonesia ini, saat ini produk-produk asal Cina sangat mudah ditemui dimana pun.

"‎Kita masuk keluar negeri dan kita masuk toko pasti kita liat belakangnya made in Cina. Saya baru dari New Zealand mau beli barang di toko, ada made in Cina," ujarnya saat sambutan di Oulook Perekonomian Indonesia 2019 di Hotel Ritz Carlton Pasific Place, Jakarta, Selasa (8/1/2019).

Menurut mantan Ketua Umum Partai Golkar ini, terdapat tiga komponen yang bisa membuat produk Indonesia ada di toko-toko seluruh dunia yaitu, produksinya lebih baik, cepat, dan murah.

"Masalahnya semua negara berfikir yang sama, timbul persaingan karena itu kita sebut daya saing. Ada 3 komponen penting bisa enggak kita produksi lebih baik, cepat dan murah, baru kita bisa menangkan persiangan itu," tuturnya.

Sampai saat ini ketiga komponen tersebut menurut JK baru bisa dicapai oleh negara Cina.

Maka dari itu, dirinya meminta semua lini masyarakat bisa berperan agar tiga komponen tersebut bisa dicapai agar kedepannya produk Indonesia bisa berada di toko-toko di seluruh dunia.

"Dapatkah kita mempunyai hal-hal tersebut. Walaupun kita menyadari bahwa perekonomian memiliki ketidakpastian yang luar biasa," pungkasnya.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS