Siti Nurbaya Bangga dengan Capaian Koperasi Kementerian LHK

Fabiola Febrinastri
Siti Nurbaya Bangga dengan Capaian Koperasi Kementerian LHK
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya. (Dok: KLHK)

Saat ini, total anggotanya mencapai 5.000-an orang.

Suara.com - Koperasi Karyawan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kopkarhutan) semakin inovatif dalam usianya ke 49 tahun. Saat ini, total anggotanya mencapai 5.000-an orang, dengan aset Rp 70-an miliar dan simpanan anggota mencapai Rp 56 miliar.

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya, menyatakan bangga pada capaian Kopkarhutan. Ia berharap, Kopkarhutan terus berinovasi mengembangkan rencana bisnis dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

"Saya turut bangga, Kopkarhutan semakin berjaya di usia 49 tahun. Di saat Kementerian Koperasi dan UKM membubarkan 40.013 koperasi dalam kurun waktu tiga tahun terakhir karena alasan tidak aktif, Kopkarhutan tetap eksis dan terus tumbuh," ujarnya, dalam pembukaan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkarhutan ke-49, di Jakarta, Rabu (27/2/2018).

Pada kesempatan itu dia berpesan agar modernisasi pengelolaan koperasi terus didorong, seperti pemanfaatan teknologi informasi, yang saat ini  menunjang kinerja dan menjadikan pengelolaan koperasi dapat dibuat seperti pengelolaan sebuah korporasi.

Siti juga minta seluruh ASN Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), baik di pusat maupun di UPT, honorer/tenaga upah agar menjadi anggota Kopkarhutan. Dengan menjadi anggota koperasi, maka perekonomian bangsa pun akan bergerak maju.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Kopkarhutan, Awriya Ibrahim menyatakan terimakasih atas perhatian yang besar dari Menteri LHK terhadap perkembangan Kopkarhutan.

Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkarhutan ke-49, di Jakarta, Rabu (27/2/2018). (Dok: KLHK)
Rapat Anggota Tahunan (RAT) Kopkarhutan ke-49, di Jakarta, Rabu (27/2/2018). (Dok: KLHK)

"Kehadiran Ibu dalam acara ini menunjukkan kepedulian pada Kopkarhutan. Kami sudah melakukan beberapa arahan Ibu yang merupakan terobosan strategis untuk mengembangkan Kopkarhutan, seperti pemanfaatan teknologi informasi untuk kemudahan pelayanan, perluasan cakupan keanggotaan, menaikan plafon pinjaman anggota, membuat program pinjaman darurat, pengelolaan aset dan lain sebagainya, namun masih banyak yang harus disempurnakan, ini yang akan menjadi pekerjaan rumah pengurus selanjutnya," ujarnya.

Selama ini Kopkarhutan telah menerima beberapa penghargaan. Pada 2014, Kopkarhutan berhasil mendapat Koperasi Terbaik Berprestasi Tingkat Nasional, pada kegiatan Tahun Buku 2017, Kopkarhutan meraih Koperasi Terbaik dalam penilaian Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia Tingkat DKI Jakarta.

Beberapa penghargaan ini mengamini Kopkarhutan sebagai koperasi terbaik dari seluruh kantor kementerian di Jakarta.

Saat ini, Kopkarhutan dmemiliki 10 unit usaha, yaitu Usaha Simpan Pinjam, Perparkiran, Penjaminan, Aneka Usaha, Toko, Pengelolaan Aset, Ekowisata, Even Organizer, Perbengkelan dan Arborea Cafe. Arborea Kafe, Ekowisata dan Perbengkelan merupakan inovasi bisnis yang baru dikembangkan oleh Kopkarhutan.

Arborea Kafe sendiri telah memberikan keuntungan sekitar Rp 190 juta sejak didirikan sekitar enam bulan lalu.

RAT kali diadakan untuk mendengarkan laporan pertanggungjawaban kerja pengurus masa bakti 2014-2018, yang dilanjutkan dengan pemilihan pengurus baru masa bakti 2019-2023.  Acara juga dihadiri Asisten deputi keanggotaan, Kementerian Koperasi dan UKM, para pembina Kopkarhutan, Kepala Suku Dinas KUKM dan Perdagangan Jakarta Pusat, ketua, penasihat, para mitra, pengurus, pengawas dan anggota Kopkarhutan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS