Indonesia Siap Nikmati Panen Bawang Putih dari 700 Ha Lahan di Jawa Tengah

Ade Indra Kusuma | Muslimin Trisyuliono
Indonesia Siap Nikmati Panen Bawang Putih dari 700 Ha Lahan di Jawa Tengah
Ilustrasi pedagang memanen bawang putih [Suara.com]

Kewajiban tanam 5 persen dari para importir kini menuai hasil.

Suara.com - Indonesia Siap Nikmati Panen Bawang Putih dari 700 Ha Lahan di Jawa Tengah.

Kewajiban tanam 5 persen dari kuota import yang dijalankan para importir untuk menciptakan swasembada komoditas bawang putih kini menuai hasil.

Nur, Petugas lapangan CV Berkat Putih Abadi, mengatakan hasil tanam bawang putih dari importir kini sudah siap panen. Sekitar 700 hektar lahan di Jawa Tengah akan panen bawang putih besok, Rabu (1/3/2019).

"(Panen) bawang putih besok terjadi dari 700 hektar lahan di wilayah Jawa Tengah, seperti Wonosobo, Boyolali dan Semarang," ujar Nur.

Nur memaparkan, menurutnya produksi bawang putih kini bisa menghasilkan 9 ton dari lahan 1 hektare, hasil itu disebut sudah melebihi target yang ditentukan Kementerian Pertanian sebanyak 6 ton.

"Satu hektare itu paling sedikit kini 9 ton dan paling banyak bisa hasilkan 19 ton bawang putih. Ini tergantung petaninya, rajin merawatnya atau tidak," kata Petugas lapangan CV Berkat, Nur, Jakarta, Kamis (28/2/2019).

Untuk diwilayah Wonosobo sendiri ada beberapa importir yang memiliki lahan bawang putih, seperti Berkat Outih Abadi, PT Royal Jaya Sempurna dan PT Tunas Maju Mandiri

"Lahan 350 hektar di Wonosobo punya banyak perusahaan yang melakukan kewajiban tanam bawang putih," tambah Nur.

Seperti diketahui pemerintah sebelumnya mengeluarkan aturan dimana mewajibkan importir menanam bawang putih sebanyak 5 persen dari volume permohonan (RIPH) per tahun, kebijakan ini bisa mendorong tercapainya swasembada bawang putih.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS