Rayakan Ulang Tahun KemenBUMN, Perusahaan Pelat Merah Buka 11.000 Loker

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Rayakan Ulang Tahun KemenBUMN, Perusahaan Pelat Merah Buka 11.000 Loker
Ilustrasi lowongan pekerjaan. (Shutterstock)

Perusahaan BUMN membuka 11.000 lowongan pekerjaan untuk masyarakat.

Suara.com - Perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik‎ Negara (BUMN) membuka 11.000 lowongan pekerjaan untuk masyarakat. Pembukaan lowongan ini dalam rangka menyambut ulang tahun Kementerian BUMN yang ke-21.

Kabiro umum dan Humas Kementerian BUMN, Wahyu Wibowo menerangkan, masyarakat bisa mengetahui jenis lowongan pekerjaan di dalam masing-masing website perusahan BUMN.

Menurut Wahyu, hampir semua perusahaan BUMN menyediakan lowongan pekerjaan tersebut.

"Ada di online, masing-masing perusahaan akan dilinkkan ke web Kementerian BUMN. Masing-masing punya program seleksinya. Tapi rekrutnya dijadikan satu kesempatan dua bulan ini.‎ Macam-macam sektor perkebunan, Pertamina, sektor pelabuhan. Beberapa sudah mulai," kata dia saat ditemui di Kantor Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (4/3/2019).

Wahyu menuturkan, lulusan SMA bisa melamar di lowongan tersebut. Tidak hanya itu, lanjut Wahyu, disediakan lowongan khusus masyarakat penyandang disabilitas di perusahaan BUMN sebanyak 1.000 lowongan pekerjaan.

"Rekrutmen banyak difabel nanti. Kemudian beberapa ada dari pesantren, lulusan pesantren akan vokasi, lulus nanti ada rekrut yang sudah jalan dan Bank Syariah Mandiri. Dari sekian aplikasi sudah ada 35 yang sudah menjadi karyawan dan akan masuk program vokasi selama setahun‎," jelas dia.

Terkait dengan Gaji, Wahyu menambahkan, gaji dari lowongan tersebut tidak jauh-jauh dari Upah Mininum Provinsi. Namun begitu, Wahyu meyakinkan, selama ini gaji pegawai BUMN di atas dari UMP.

"Gaji bermacam-macam, BUMN kan sizenya beda-beda, tapi kan minimal UMR. Tapi sebagian besar BUMN pasti diatas UMP," pungkas Wahyu.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS