H-2 Lebaran, Harga Cabai dan Daging Sapi Naik Drastis di Solo

Iwan Supriyatna
H-2 Lebaran, Harga Cabai dan Daging Sapi Naik Drastis di Solo
Ilustrasi cabai di pasar.

"Sejak H-3 itu ada peningkatan sejumlah komoditas. Seperti harga cabai dan juga daging sapi,"

Suara.com - Dua hari menjelang Lebaran harga sejumlah kebutuhan pokok terus mengalami peningkatan. Salah satu komoditas yang mengalami peningkatan cukup signifikan yakni cabai merah besar.

Sebelumnya harga cabai merah besar Rp 25 ribu per kilogram menjadi Rp 60 ribu per kilogram. Guna mengetahui penyebab kenaikan harga tersebut, Pemkot Solo bersama tim gabungan melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di sejumlah pasar tradisional di Solo, Jawa Tengah.

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dinas Perdagangan Kota Solo, Kristiana menjelaskan, kenaikan harga semakin dirasakan setelah memasuki H-3 kemarin.

"Sejak H-3 itu ada peningkatan sejumlah komoditas. Seperti harga cabai dan juga daging sapi," katanya disela melakukan Sidak di Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Senin (3/5/2019).

Dari hasil Sidak yang dilakukan bersama tim gabungan, Kristiana menyampaikan, bahwa untuk komoditas cabai merah besar mengalami kenaikan yang sangat besar. Yakni dari Rp 25 ribu menjadi Rp 60 ribu per kilogramnya.

Sementara untuk harga daging sapi juga mengalami kenaikan, tetapi masih dalam batas normal.

"Dari Sidak ini kami akan melakukan penelusuran untuk mengetahui penyebab dari kenaikan harga ini. Karena kenaikan ini hanya di tingkat pengecer saja," ucapnya.

Sedangkan, lanjut Kristina di tingkat distributor dan petani pasokan juga masih tersedia. Sehingga, kenaikan ini bukan karena ketiadaan pasokan.

"Katanya karena banyaknya permintaan saja," imbuhnya.

Kontributor : Ari Purnomo

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS