Gubernur Sulut Butuh Suntikan Dana untuk Kembangkan Kawasan Wisata

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Gubernur Sulut Butuh Suntikan Dana untuk Kembangkan Kawasan Wisata
Keindahan bawah laut di Sulawesi Utara. (Shutterstock)

"Dana APBD kita kecil tanpa ditopang pusat tidak bisa jalan,"

Suara.com - Pemerintah Daerah (pemda) meminta pemerintah pusat untuk menggolontorkan dana untuk mengembangkan kawasan wisata. Pasalnya, dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tak cukup untuk membiayai pengembangan wisata di daerah.

"Dana APBD kita kecil tanpa ditopang pusat tidak bisa jalan," kata Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, Selasa (16/7/2019).

Olly menuturkan, meski dengan dana yang terbatas, pihaknya telah melakukan penataan kawasan wisata dan pengembangan sumber daya manusia (SDM).

"Kami sudah memulai pengembangan SDM, orang sudah kita kirim ke China untuk belajar bahasa China selama dua tahun, jalan sudah kita perbaiki," tuturnya.

Untuk semakin mengembangkan kawasan wisata, pihaknya mengharapkan pemerintah pusat bisa menggelontorkan anggaran yang diperlukan pemda setempat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta pemerintah daerah juga ikut mengembangkan wisata di daerah masing-masing.

"Saya minta pemerintah provinsi turun ke bawah, kabupaten atau kota diajak membenahi, sehingga orang masuk betul-betul diberikan pelayanan yang baik," imbuhnya.

Selain itu, Jokowi juga ingin Pemda juga ikut mengembangkan SDM dengan memberikan pelatihan dalam melayani wisatawan.

"Semua diberikan training sehingga bisa betul-betul mampu melayani wisatawan dengan baik dengan ramah tamah, melayani dengan senyuman, dan ini akan memberikan dampak yang baik," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS