Tips Bank Indonesia agar uang Anda Tak Dimakan Rayap seperti Nenek Putri

Reza Gunadha | Achmad Fauzi
Tips Bank Indonesia agar uang Anda Tak Dimakan Rayap seperti Nenek Putri
Uang dimakan rayap. (Twitter/@putribuddin)

Maya sapaan akrabnya menuturkan, BI juga mempunyai standar dalam merawat dan menyimpan duit.

Suara.com - Viralnya uang rupiah milik Putri yang dimakan rayap, mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menyimpan uang. Selain itu, kejadian tersebut juga memberi peringatan kepada masyarakat untuk selalu merawat uang.

Bank Indonesia (BI) menyerukan bahwa menyimpan uang tak sembarangan. Uang harus disimpan di tempat laik, karena rawan kerusakan

"Memang penting itu untuk menyimpan uang, karena rawan ya," kata Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi dalam konferensi pers di Kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Maya sapaan akrabnya menuturkan, BI juga mempunyai standar dalam merawat dan menyimpan duit.

"Uang itu harus disimpan baik-baik. Yaitu 5 J, jangan dilipat, jangan distaples, jangan diremas, jangan dibasahkan, jangan dicoret," ucapnya.

Sebelumnya, BI buka suara terkait viralnya uang rupiah yang dimakan rayap. Kejadian itu uang rupiah yang dimakan rayap dialami wanita bernama Putri Buddin.

Maya menceritakan kronologi uang Putri yang sebesar Rp 10 juta dimakan rayap. Maya mengatakan uang tersebut diberikan Putri kepada neneknya.

Namun, bukanya disimpan di bank, neneknya Putri malah memilih simpan uang di lemari. Alhasil, uang tersebut lembab yang akhirnya dimakan rayap.

Kendati demikian, Maya mengaku telah mengganti uang milik Putri yang dimakan rayap. Namun, karena sesuai regulasi, dari Rp 5,4 juta uang milik Putri hanya tergantikan oleh BI sebesar Rp 1 Juta.

Hal ini, jelas Maya, karena sisa uang Putri yang dimakan rayap telah berbentuk abu dan tak bisa digantikan oleh uang rupiah baru.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS