Uang Rp 5,4 Juta Nenek Putri Dimakan Rayap Gara-gara Disimpan di Lemari

Iwan Supriyatna
Uang Rp 5,4 Juta Nenek Putri Dimakan Rayap Gara-gara Disimpan di Lemari
Uang dimakan rayap. (Twitter/@putribuddin)

Bukannya disimpan di bank, neneknya Putri malah memilih simpan uang di lemari. Alhasil, uang tersebut lembab yang akhirnya dimakan rayap.

Suara.com - Kisah sedih datang dari seorang wanita yang tabungannya dimakan rayap setelah disimpan di lemari. Cerita tersebut viral di dunia maya setelah dibagikan oleh akun Twitter @putribuddin.

Mulanya, wanita itu berniat menyimpan lembaran uang di dalam lemari agar tidak boros. Namun setelah dicek, uang tersebut kondisinya tidak utuh karena dimakan rayap.

Ia kemudian meminta saran kepada warganet agar bisa mengembalikan tabungannya.

"Niat hati biar ga boros, simpan uang di lemari, eh malah dimakan rayap. Sedih banget sumpah, kalau kaya uangnya rusak separah ini bisa ditukar ke bank ga si guys? Huhu," tulis @putribuddin, Sabtu (17/8/2019).

Konon uang yang dimakan rayap itu berjumlah Rp 10 juta yang dipisah menjadi dua gulungan. Tapi yang bisa diselamatkan hanya satu gulung hingga tersisa Rp 5,4 juta.

"Total uang yang gue temuin di lemari setelah gue taksir itu sekitar Rp 10 juta an. Yang dipisah jadi 2 bundle. 1 bundle udah jadi sarang rayap jadi langsung gue buang. 1 bundle lagi yang dibungkus plastik yang gue foto sejumlah Rp 5,4 juta (yang bisa dihitung)," imbuhnya.

Setelah mendapat saran dari warganet, @putribuddin berniat menukar uang ke Bank Indonesia (BI). Tak menunggu lama, ia langsung dilayani oleh petugas bank yang seketika membantu menghitung uang yang bisa diselamatkan.

Uang itu kemudian dicek menggunakan sebuah mesin. Bila kondisinya tidak parah alias utuh 67% bisa diganti dengan uang baru.

Uang dimakan rayap. (Twitter/@putribuddin)
Uang dimakan rayap. (Twitter/@putribuddin)

Hasilnya dari proses pengecekan uang sejumlah Rp 5,4 juta yang masih layak, Putri pun mengaku mendapat ganti meski tak sebesar nominal semula.

"Dari Rp 5,4 juta uang gue yang diganti oleh BI senilai Rp 1.050.000,00. Rayapnya laper banget kayaknya...," terang @putribuddin.

Bank Indonesia pun buka suara terkait viralnya uang rupiah yang dimakan rayap. Deputi Gubernur BI Rosmaya Hadi pun menceritakan kronologi uang Putri yang sebesar Rp 5,4 juta dimakan rayap.

Maya panggilan akrabnya mengatakan, uang tersebut diberikan Putri kepada neneknya. Namun, bukannya disimpan di bank, neneknya Putri malah memilih simpan uang di lemari. Alhasil, uang tersebut lembab yang akhirnya dimakan rayap.

"Putri namanya ya, Putri memberikan pada neneknya. Terus, nenek menyimpan uang itu di lemari, sehingga dimakan rayap," kata Maya dalam konferensi pers di kompleks Perkantoran BI, Jakarta, Kamis (22/8/2019).

Kendati demikian, Maya mengaku telah mengganti uang milik Putri yang dimakan rayap. Namun, karena sesuai regulasi, dari Rp 5,4 juta uang milik Putri, hanya tergantikan oleh BI sebesar Rp 1 Juta.

Hal ini, jelas Maya, karena sisa uang Putri yang dimakan rayap telah berbentuk abu dan tak bisa digantikan oleh uang Rupiah baru.

"Itu sudah ditukar ke Bank Indonesia, sudah ditukar dan kami sudah melihat kasus dengan ketentuan apabila yang rusaknya itu lebih dari 2/3, itu diganti. Tapi kalau dia masih ada 1/3 kami tak ganti," tutur dia.

Uang dimakan rayap. (Twitter/@putribuddin)
Uang dimakan rayap. (Twitter/@putribuddin)

"Jadi dari Rp 5,4 juta itu, kami sudah ganti Rp 1 juta, karena sesuai ketentuan. Dan yang lainnya sudah betul-betul seperti abu seperti itu," katanya.

Viralnya uang rupiah milik Putri yang dimakan rayap, mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dalam menyimpan uang. Selain itu, kejadian tersebut juga memberi peringatan kepada masyarakat untuk selalu merawat uang.

Bank Indonesia menyerukan bahwa menyimpan uang tak sembarangan. Uang harus disimpan di tempat laik, karena rawan kerusakan.

"Memang penting itu untuk menyimpan uang, karena rawan ya. Uang itu harusnya disimpan baik-baik. Yaitu 5 J, jangan dilipat, jangan distaples, jangan diremas, jangan dibasahkan, jangan dicoret," ucapnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS