Banyak Ekspatriat Jepang, Cikarang Berpeluang Besar Jadi Kawasan Usaha

Fabiola Febrinastri
Banyak Ekspatriat Jepang, Cikarang Berpeluang Besar Jadi Kawasan Usaha
San Miguel Bar. (Dok : San Miguel)

Jumlah ekspatriat yang bekerja di Cikarang diperkirakan mencapai lebih dari 22.000 orang.

Suara.com - Hadirnya ekspatriat asing, terutama dari Jepang, membuat kawasan Cikarang, Jawa Barat, seperti “Kota Asia”. Cikarang dinilai berpeluang pasar sangat besar untuk berbagai jenis usaha.

Saat ini, jumlah ekspatriat yang bekerja di Cikarang diperkirakan mencapai lebih dari 22.000 orang, yang terdiri dari 62 persen ekspatriat Jepang, 32 persen Korea dan 6 persen dari berbagai negara lain.

“Hotel bintang 4 dan 5 di wilayah ini masih belum banyak. Tempat hangout masih relatif sedikit, sementara pekerja ekspatriat terus berdatangan. Ini tentu
menjadi peluang besar bagi kami,” ujar Sales Manager GTV Hotel & Apartments, Anya Aprillia Christiana, saat ditemui di San Miguel Bar Cikarang, beberapa waktu lalu.

Anya mengakui, pengembangan GTV Hotel & Apartments banyak mempertimbangkan aspek budaya asing, terutama Jepang. GTV Hotel & Apartments merupakan joint venture antara pengusaha Indonesia dan Jepang.

”Salah satunya, kita menyediakan San Miguel Bar di area paling depan,” tuturnya.

Bar tersebut disebutnya cocok bagi para pekerja ekspatriat yang ingin melepas penat setelah bekerja seharian. GTV bekerja sama dengan San Miguel, karena produk minumannya paling banyak digemari ekspatriat.

”Pulang kerja, ekspatriat umumnya mencari tempat nongkrong yang nyaman buat kumpul-kumpul atau ngomongin bisnis,” kata Anya.

Selain berbagai jenis minuman, San Miguel Bar juga melayani makan siang dan makan malam tujuh hari dalam seminggu.

”Paling ramai hari Rabu dan Jumat, karena ada live music dan all you can drink,” lanjutnya.

Anya menyebut, di wilayah Cikarang tidak ada yang memiliki bar selengkap San Miguel Bar.

"Mereka biasa pesan makan apa saja disini. Paling disukai ekspatriat adalah Cerveza Negra sambil makan nachos,”ungkapnya

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS