Pekan Depan, Penerbangan Perintis Sumenep-Pagerungan akan Beroperasi

Chandra Iswinarno
Pekan Depan, Penerbangan Perintis Sumenep-Pagerungan akan Beroperasi
Pesawat milik maskapai Susi Air jenis Cessna Grand Caravan setelah menurunkan penumpang dari Bawean di Bandara Trunojoyo Sumenep [Suara.com/M Madani]

Kepastian tersebut menyusul dilakukannya uji coba penerbangan yang dilakukan pada Rabu (18/09/2019) siang.

Suara.com - Penerbangan perintis dari Bandara Trunojoyo Sumenep menuju Bandara Pagerungan Kecamatan Pulau Sapeken akan segera beroperasi pada pekan depan.

Kepastian tersebut menyusul dilakukannya uji coba penerbangan yang dilakukan pada Rabu (18/09/2019) siang.

Uji coba penerbangan tersebut dilakukan pesawat milik maskapai Susi Air dengan jenis Cessna Grand Caravan tanpa penumpang.

Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep Indra Triyantono menjelaskan uji coba tersebut hanya dilakukan pilot dan kopilot untuk memahami kondisi perjalanan yang dilewati mulai Sumenep menuju Pegerungan.

"Kan melewati beberapa pulau untuk menuju Pagerungan, jadi kru pesawat harus paham terlebih dahulu, kondisinya seperti apa, jika ada emergency harus mendarat di mana, misalkan, itu semua ada SOP-nya," katanya.

Indra mengungkapkan, jika uji coba yang dilakukan berjalan lancar, maka pada pekan depan akan dilanjutkan dengan penerbangan perdana Sumenep-Pagerungan dengan kapasitas 10 orang tanpa bagasi.

"Perkiraan waktu tempuhnya satu jam, lebih efektif lah ketimbang menggunakan kapal, kalau kapal kan belasan jam," ungkapnya.

Untuk diketahui, Bandara Pagerungan Kecamatan Sapeken merupakan bandara khusus yang dikelola PT Kangean Energi Indonesia (KEI), salah satu kontraktor kontrak kerja sama (K3S) Migas. Selama ini, bandara tersebut hanya digunakan untuk kepentingan operasional perusahaan.

Melalui proses panjang antara Pemkab Sumenep, SKK Migas, dan PT KEI, akhirnya sejak awal September bandara tersebut sudah menjadi bandara umum setalah keluar SK Menhub tentang perubahan status dari bandara khusus menjadi bandara umum.

Kontributor : Muhammad Madani

Baca Juga

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS