Anda Punya Slip Gaji? Manfaatkan untuk Hal-hal Berikut Ini!

Arsito Hidayatullah
Anda Punya Slip Gaji? Manfaatkan untuk Hal-hal Berikut Ini!
Ilustrasi pembayaran gaji, slip gaji. [Shutterstock]

Slip gaji mungkin hanya jadi bukti formalitas penerimaan gaji saja, tapi sebenarnya ada beberapa manfaat dan keuntungannya.

Suara.com - Dengan bekerja dan menjadi karyawan di sebuah perusahaan, Anda tentu akan menerima gaji setiap bulannya. Gaji ini merupakan juga bentuk penghargaan perusahaan atas kinerja Anda setiap bulannya, yang besarannya tentu disesuaikan dengan kemampuan kerja dan juga kebijakan pihak perusahaan.

Berapa pun gaji yang Anda terima setiap bulannya, karyawan biasanya akan menerima slip gaji sebagai bukti pembayaran dari pihak perusahaan. Mungkin bagi sebagian, slip gaji hanya menjadi bukti formalitas penerimaan saja, sebab pada umumnya gaji sudah ditransfer melalui rekening bank masing-masing.

Tidak jarang bahkan, slip gaji kemudian kerap diabaikan dan menumpuk begitu saja di laci atau e-mail sebagian karyawan. Padahal, jika ditilik lebih dalam lagi, ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan dari slip gaji Anda ini, beberapa di antaranya bahkan sangat membantu.

Jika selama ini Anda termasuk orang yang biasa mengabaikan slip gaji, ada baiknya menyimpannya dengan rapi mulai saat ini. Lalu, apa saja kegunaan dan manfaat slip gaji itu? Simak beberapa poin ini, seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Bisa Tahu Rincian Gaji secara Detail

Berapa jumlah potongan gaji Anda bulan ini? Apakah Anda mendapatkan tunjangan dan uang lembur yang tepat? Semua ini tentu perlu Anda ketahui setiap bulannya, terutama untuk berbagai nominal yang tidak tetap seperti uang lembur yang dihitung berdasarkan jam kerja lembur Anda.

Semua informasi ini tentu akan dimuat di dalam slip gaji yang Anda terima, bahkan meski Anda mendapatkan pembayaran gaji melalui transfer bank. So, pastikan selalu mencermati slip gaji Anda, dan melihat kembali kesesuaiannya dengan jumlah payroll yang Anda terima setiap bulannya, sebelum akhirnya Anda menyimpannya.

2. Mengajukan Kartu Kredit

Melampirkan slip gaji saat mengajukan kartu kredit merupakan persayaratan yang mutlak untuk dipenuhi. Dengan adanya slip gaji, maka pihak bank penerbit kartu kredit mengetahui kelayakan Anda sebagai nasabah pemegang kartu kredit.

Selain itu, slip gaji juga akan dijadikan sebagai acuan pihak bank atau penerbit kartu kredit untuk memberikan limit kepada Anda.

3. Daftar Akun Aplikasi Kredit atau Pinjaman Online

Nah, kegunaan slip gaji lainnya adalah sebagai pelengkap syarat mendaftar di akun aplikasi kredit atau pinjaman online. Bukan hanya untuk pinjam uang, aplikasi pinjaman online ini juga bisa digunakan untuk belanja berbagai kebutuhan secara online dengan cara kredit.

4. Belanja Produk-produk Elektronik

Membeli smartphone yang baru secara tunai bisa saja menjadi hal yang sulit Anda lakukan, terutama jika memilih harga yang mahal. Namun jika punya slip gaji, Anda bisa melakukan pembelian gadget atau produk elektronik lainnya dengan cara kredit.

Slip gaji menjadi salah satu syarat pengajuan kredit ini, terutama bagi Anda yang selama ini belum memiliki kartu kredit. Ada banyak toko elektronik (online maupun offline) yang menyediakan layanan kredit seperti ini, sehingga Anda leluasa memilih salah satu di antaranya.

5. Referensi Ketika Melamar Kerja

Bagi Anda yang merasa bosan atau bahkan menginginkan lingkungan kerja baru, keluar dari perusahaan tentu menjadi keputusan yang tepat. Melamar pekerjaan di perusahaan yang baru, pastinya Anda menginginkan kenaikan gaji juga.

Untuk mempermudah Anda mendapatkan gaji yang lebih baik, tidak ada salahnya menyertakan slip gaji Anda yang lama di dalam surat lamaran. Slip gaji ini bisa menjadi referensi dan acuan bagi perusahaan yang baru dalam menilai dan menentukan besaran gaji yang mereka tawarkan kepada Anda.

6. Untuk Mengajukan Kredit Tanpa Agunan (KTA)

KTA menjadi solusi bagi Anda yang membutuhkan sejumlah suntikan dana dalam kurun waktu yang cepat. Proses pengajuan KTA ini akan membutuhkan sejumlah syarat, salah satunya adalah slip gaji dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Lengkapi semua syarat yang diminta oleh pihak bank, termasuk slip gaji yang layak dan sesuai dengan kebijakan bank, agar KTA Anda bisa segera dicairkan.

7. Mengajukan Kredit Kendaraan Bermotor

Hampir sama dengan kredit lainnya yang melibatkan bank, pengajuan kredit kendaraan bermotor juga akan membutuhkan syarat pengajuan yang cukup ketat. Selain KTP, KK dan juga NPWP, slip gaji Anda tentu akan menjadi syarat wajib yang harus Anda lampirkan.

8. Pengajuan Kredit Kepemilikan Rumah (KPR)

Mengajukan KPR menjadi hal yang lumrah dilakukan, mengingat harga rumah memang mahal dan kebanyakan karyawan akan sulit untuk membelinya secara tunai. Pengajuan KPR ini membutuhkan sejumlah syarat yang ketat, termasuk slip gaji dari perusahaan tempat Anda bekerja.

Sebagian bank bahkan mewajibkan nasabahnya untuk melampirkan Surat Keterangan Penghasilan (SKP) sebagai pendukung lainnya.

Simpan dan Manfaatkan Slip Gaji dengan Tepat

Semua karyawan tentu akan menerima slip gaji setiap bulannya sebagai bukti pembayaran dari perusahaan. Tidak hanya sekadar ditandatangani dan diabaikan saja, slip gaji ini nyatanya juga bisa memberikan banyak manfaat. Maka, biasakan untuk selalu menyimpan slip gaji dengan rapi, agar Anda bisa memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan yang berguna.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Selamat, Gaji PNS 2019 Naik! Apa Artinya?

10 Situs Survei Berbayar Online Ini Bisa Kasih Anda Banyak Uang

UMP Naik, Berapa Besar Gaji yang Bisa Ditabung?

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS