Rute Penerbangan Baru di Bandara YIA Kulonprogo Mulai Bertambah

Chandra Iswinarno
Rute Penerbangan Baru di Bandara YIA Kulonprogo Mulai Bertambah
Suasana Bandara Internasional Yogyakarta di Kulon Progo, Jumat (19/4). [Dokumentasi Dephub]

Dengan penambahan rute atau jumlah penerbangan tersebut maka secara otomatis otoritas bandara juga akan menambah fasilitasnya.

Suara.com - Jumlah penerbangan di Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) Kulonprogo terus bertambah. Sejak minggu lalu sudah ada penambahan penerbangan dari beberapa maskapai penerbangan.

Penambahan penerbangan tersebut masing-masing, Airasia ke Lombok, kemudian Citilink dua penerbangan ke Halim Perdanakusuma Jakarta dan juga Lion Grup yaitu Lion Air juga Batik Air.

Plt General Manager bandara YIA Agus Pandu Purnama mengatakan, sejak minggu lalu maskapai penerbangan Citilink telah menambah rute baru, yaitu Palembang, Kualanamu dan juga Kalimantan. Selain itu, ada Lion Air sehingga total sampai hari ini sudah ada 30 penerbangan melalui YIA.

"Kemudian hari ini, kita ketambahan Garuda Indonesia yang menggunakan pesawat berbadan lebar tipe A330 seri 200," tutur Pandu pada Jumat (4/10/2019).

Rencananya maskapai ini akan terbang setiap hari Jumat dan Minggu. Mendaratnya Garuda Indonesia dengan pesawat berbadan lebar tersebut merupakan yang kali pertama di bandara YIA.

Dengan penambahan rute atau jumlah penerbangan tersebut maka secara otomatis otoritas bandara juga akan menambah fasilitasnya. Pandu mengaku telah berkoordinasi dengan PT KAI Daop 6 agar menambah jumlah frekuensi kereta bandara yang berhenti di Stasiun Wojo.

"Karena selama ini baru ada tujuh rangkaian kereta yang berhenti di Stasiun Wojo,"tambahnya.

Pandu mengatakan, sebenarnya ada 32 rangkaian yang disiapkan oleh PT KAI untuk kereta bandara tersebut. Namun, dia belum mengetahui mengenai perizinan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) berkaitan dengan rencana operasional kereta bandara.

Jika sudah ada izin dari Kemenhub maka secara otomatis akan ada penambahan jumlah rangkaian kereta yang berhenti di Stasiun Wojo. Pihaknya sudah memberitahukan kepada PT KAI perihal penambahan jumlah penerbangan tersebut.

Menurutnya, harus sejalan antara penambahan jumlah penerbangan dengan rangkaian kereta api yang disediakan oleh PT KAI untuk mengakomodir penumpang dari YIA ini.

Kontributor : Julianto

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS