Imbas Pernyataan OPEC, Harga Minyak Dunia Terkerek Naik

Bangun Santoso | Mohammad Fadil Djailani
Imbas Pernyataan OPEC, Harga Minyak Dunia Terkerek Naik
Ilustrasi harga minyak dunia meningkat. (Shutterstock)

Harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November 2019 naik 96 sen, atau sekitar 1,8 persen, menjadi 53,55 USD per barel

Suara.com - Pernyataan yang dikeluarkan Sekretaris Jenderal OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries) Mohammad Barkindo menyebabkan terdongkraknya harga minyak dunia pada Kamis (10/10/2019).

Seperti dilansir Reuters Jumat (11/10/2019), harga minyak West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman November 2019 naik 96 sen, atau sekitar 1,8 persen, menjadi 53,55 USD per barel di New York Mercantile Exchange.

Sedangkan harga minyak mentah Brent untuk pengiriman Desember 2019 meningkat 78 sen, atau sekitar 1,3 persen, menjadi 59,10 USD per barel di London ICE Futures Exchange.

Menurut Barkindo, OPEC akan mengambil tindakan untuk menciptakan kestabilan di pasar minyak global. Dalam pertemuan OPEC+ yang melibatkan Rusia pada Desember mendatang, akan diambil keputusan terkait pasokan sehingga tercipta kondisi yang mendukung harga.

Selain pernyataan Barkindo, berlangsungnya pertemuan tingkat tinggi antara Amerika Serikat dan Tiongkok juga berkontribusi terhadap peningkatan harga minyak dunia. Membaiknya hubungan kedua negara akan mendukung pertumbuhan ekonomi dunia yang menyebabkan permintaan minyak mentah meningkat.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS