Jika Belum Aman, Boeing 737 MAX 8 Tak Akan Terbang di Amerika Serikat

RR Ukirsari Manggalani | Achmad Fauzi
Jika Belum Aman, Boeing 737 MAX 8 Tak Akan Terbang di Amerika Serikat
Boeing 737 Max 8 dipamerkan di Farnborough, Inggris pada Juli 2018 [Shutterstock]

Senat Amerika Serikat menyatakan kepada FAA bahwa Boeing 737 MAX 8 harus dipastikan aman.

Suara.com - Senator Amerika Serikat meminta para pemangku kebijakan segera membereskan permasalahan pesawat Boeing 737 MAX 8. Mereka pun mengancam tak memberi izin pesawat itu terbang, jika belum aman.

Komite Perdagangan Senat, Roger Wicker mengatakan, Federal Aviation Administration (FAA) harus memastikan pesawat tipe ini aman sebelum terbang membawa penumpang.

"Pesawat itu tidak akan terbang kecuali 99,9 persen dari publik Amerika dan pembuat kebijakan Amerika yakin benar-benar aman," kata Roger Wicker seperti dilansir Reuters, Senin (28/10/2019).

Pesawat Lion Air jenis Boeing 737 MAX 8 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. [Dok Lion Air Group]
Pesawat Lion Air jenis Boeing 737 MAX 8 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Jakarta. [Dok Lion Air Group]

Menurut Roger Wicker, kecelakaan penerbangan Lion Air seharusnya tak terjadi jika pihak Boeing memberikan informasi yang baik pada pilot terhadap teknologi baru di pesawat ini.

"Jelas kecelakaan itu tidak harus terjadi dan saya pikir tidak ada perhatian yang cukup terhadap penanganan pilot yang berbeda akan bereaksi terhadap sinyal di kokpit," tuturnya.

Roger Wicker berharap untuk melihat hasil dari semua investigasi yang beragam sebelum melanjutkan ke langkah legislatif. Selain itu, pihaknya akan mereformasi praktik FAA dalam menetapkan beberapa tugas sertifikasi untuk Boeing dan produsen lain.

"Jelas ada gangguan dalam sistem di suatu tempat dan jelas perubahan perlu dilakukan. Kita perlu memastikan (737 MAX) seaman mungkin secara manusiawi," tutupnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS