Setoran Pajak Shortfall, Pengusaha Minta Pemerintah Kejar WP Tak Taat

Agung Sandy Lesmana | Mohammad Fadil Djailani
Setoran Pajak Shortfall, Pengusaha Minta Pemerintah Kejar WP Tak Taat
Ilustrasi pajak. (Shutterstock)

"Kami mendukung extra effort bersifat ekstensifikasi berupa peluasan subjek pajak, yang belum punya NPWP belum patuh untuk dilakukan extra effort," sarannya.

Suara.com - Di tengah upaya pemerintah menutup shortfall penerimaan pajak melalui aktivitas extra effort, kalangan pengusaha justru meminta extra effort yang bersifat ekstensifikasi.

Ketua Komite Perpajakan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Siddhi Widyaprathama mengatakan, saat ini kondisi ekonomi sedang banyak tekanan baik internal maupun eksternal sehingga kondisi ini sedikit menyulitkan teman-teman pengusaha.

"Memang ini tidak mudah pemasukan (penerimaan negara) agak berkurang, tapi dunia usaha juga mengalami tekanan dari luar dan dalam," kata Siddhi saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jakarta seusai menghadiri acara pelantikan Direktur Jenderal Pajak (DJP) Suryo Utomo, Jumat (1/11/2019).

Untuk itu, Siddhi meminta kepada pemerintah untuk tidak hanya melakukan extra effort kepada kalangan pengusaha saja tetapi melakukan ekstensifikasi dengan perluasan subyek para Wajib Pajak (WP) yang selama ini belum membayarkan pajaknya.

"Kami mendukung extra effort bersifat ekstensifikasi berupa peluasan subjek pajak, yang belum punya NPWP belum patuh untuk dilakukan extra effort," sarannya.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Jumat pagi resmi melantik Suryo Utomo untuk jadi Direktur Jenderal Pajak baru menggantikan Robert Pakpahan yang masuk usia pensiun.

Acara pelantikan sendiri dilakukan di Aula Mezannie, Kementerian Keuangan, Jakarta.

"Saya selaku Menteri Keuangan resmi melantik Suryo Utomo sebagai Direktur Jenderal yang baru menggantikan Robert Pakpahan yang memasuki usia pensiun," kata Sri Mulyani.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini berharap para pejabat baru ini dapat mengemban tugas negara dengan sebaik-baiknya, terutama untuk Suryo Utomo yang ditugaskan untuk melakukan penghimpunan pajak bagi negara.

"Saya berharap akan melaksanakan tugas sebaik-baiknya sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan," kata Sri Mulyani.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS