Festival Belanja 11.11 Alibaba Targetkan 500 Konsumen

Suwarjono
Festival Belanja 11.11 Alibaba Targetkan 500 Konsumen
Alibaba Group umumkan rencana Global Shopping Festival 11.11 tahun 2019 yang merupakan festival belanja terbesar di dunia. (Foto: Alibabanews.com)

Sedikitnya 200.000 merchant dari seluruh dunia berpartisipasi dalam festival belanja online terbesar di dunia ini.

Suara.com - Agenda tahunan Global Shopping Festival 2019 kembali dihelat ole Alibaba Grup. Ajang belanja online terbesar di dunia ini sangat populer dan ditunggu-tunggu masyarakat Tiongkok dan sebagian masyarakat internasional. Festival berlangsung  hanya dalam kurun waktu 24 jam, pada 11 September, atau dikenal 11.11. Sedikitnya 200.000 merchant dari seluruh dunia, termasuk Indonesia mengikuti agenda ini.

Jurnalis Suara.com yang ikut meliput dari Markas Alibaba, Kampus Xixi, Hangzhou, Tiongkok, melaporkan beberapa jam sebelum pukul 00 waktu setempat, digelar pertunjukan yang ditayangkan oleh stasiun televisi Tiongkok dan live streaming ke sedikitnya 50 negara di dunia. Penonton bisa ikut memesan produk presale, saat acara berlangsung. 

Belanja online paling sibuk di dunia ini juga bisa dikuti oleh masyarakat Indonesia melalui e-commerce Lazada.  Salah satu produk Indonesia yang masuk dalam presale yang disiarkan langsung adalah makanan Tango, produksi Orang Tua Group.

Tahun 2019 ini, Alibaba akan menawarkan 1 juta produk baru yang akan ditawarkan dengan target 500 juta konsumen yang akan berbelanja dalam festival belanja ini – 100 juta lebih banyak dari tahun lalu.

Alibaba juga berencana membagikan 2 miliar “angpau” digital dan menggandeng 2.000 key opinion leader untuk berpartisipasi pada sesi livestreaming di berbagai platform milik Alibaba, untuk mempromosikan produk-produk serta meningkatkan interaksi brand dengan konsumennya. Diperkirakan akan ada kupon serta promosi bernilai RMB 50 miliar dari platform dan brand yang digunakan oleh para konsumen pada festival ini.

Sebelumnya, berbicara dalam konferensi pers di Shanghai, Jiang Fan, President Tmall dan Taobao, mengungkapkan bahwa ada tiga fokus utama yang mendorong penyelenggaran 11.11 ke-11 ini: “New Consumption” – untuk meningkatkan daya beli di kota-kota kecil; “New Business” – untuk upgrade Tmall menjadi Tmall Flagship Store 2.0. serta “Green Society” – untuk menjadikan 11.11 lebih ramah lingkungan.

“Kami ingin memacu permintaan konsumen dan mendukung peningkatan gaya hidup di Tiongkok dengan menghadirkan berbagai brand dan produk baru. Selain itu, kami akan mendukung para merchant di Tiongkok dan seluruh dunia untuk membangun bisnis mereka melalui inovasi produk berbasis data dan consumer insight, serta memanfaatkan personalisasi rekomendasi produk dan interaksi dengan konsumen yang berbasis konten untuk memuaskan konsumen dari berbagai kalangan,” ujar Jiang Fan.

“Karena skalanya yang besar, kami juga akan memastikan bahwa Global Shopping Festival 11.11 akan dilaksanakan dengan mengusung prinsip hijau dan ramah lingkungan,” tambahnya

Selain itu, Alibaba juga akan menawarkan lebih banyak jenis produk yang dari tahun-tahun sebelumnya. Produk-produk tersebut meliputi Fast-moving consumer goods (FMCG), produk elektronik, serta busana dan aksesoris fashion

Untuk kedua kalinya, Lazada akan hadir dengan fitur “shoppertainment” yaitu perpaduan antara kegiatan belanja dan hiburan. Melalui fitur ini, Lazada berharap dapat mencetak rekor jumlah merchant yang berpartisipasi dan memberikan voucher diskon bagi konsumen di enam pasarnya. India merayakan festival ini dengan menggelar UC Shopping Festival bekerjasama dengan Paytm, VMate, dan 9Apps.

Sementara, Daraz, yang pada acara 11.11 tahun lalu telah mengguncang pasar retail Asia Selatan, kini kembali bersiap untuk memeriahkan Global Shopping Festival di Pakistan, Bangladesh, Sri Lanka, Myanmar, dan Nepal.

Selain itu, AliExpress akan turut memeriahkan dengan menghadirkan merchant dari Rusia, Spanyol, dan Turki, yang untuk pada pertama kalinya akan berpartisipasi pada festival 11.11 ini.

Untuk memuaskan keinginan wisatawan Tiongkok, Fliggy juga akan hadir menawarkan lebih dari 30.000 paket perjalanan ke lebih dari 200 destinasi. Para konsumen akan mendapatkan tips dan saran dari para pakar pelancong melalui livestreaming pada saat 11.11.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS