Rekor, 1.26 Menit Festival Belanja Online 11.11 Lewati Total Transaksi 2016

Suwarjono
Rekor, 1.26 Menit Festival Belanja Online 11.11 Lewati Total Transaksi 2016
Festival belanja online 11.11 Alibaba (Alibaba)

Rekor nilai transaksi pecah sejak menit 17, saat papan pencatatan pada angka RMB 57,1 miliar atau setara Rp114 miliar, melampaui total transaksi festival belanja online 2014.

Suara.com - Beberapa menit setelah Global Shopping Festival 11.11 dibuka tepat pukul 00 waktu setempat, nilai transaksi langsung melejit dan membubuhkan rekor baru. Hanya membutuhkan waktu 1,26 menit, gross merchandise value (GMV) festival belanja online 11.11 tahun 2019 melampaui total transaksi festival belanja online tahun 2016 sebesar RMB120.7 miliar atau setara Rp240 triliun.

Rekor nilai transaksi sudah pecah sejak menit 17, saat papan pencatatan mencapai RMB 57,1 miliar atau setara Rp114 miliar, melampaui total transaksi festival belanja online 11.11 tahun 2014. Butuh 1 jam untuk melewati rekor total pendapatan festival belanja online 2015, yakni sebesar RMB 91 miliar setara Rp182 triliun. 

Hingga berita diturunkan pukul 03.00 waktu Hangzhou, Tiongkok, Senin dinihari (11/11/2019) nilai transaksi  telah mencapai RMB133,5 miliar atau setara Rp267 triliun.

Kenaikan signifikan ini berasal dari kenaikan daya beli masyarakat , tidak hanya yang berada di Tiongkok, namun juga di berbagai belahan dunia.

Untuk kategori produk impor paling banyak diburu pemesan adalah suplemen makanan, masker wajah, susuk bubuk bayi dan balita, makeup, popok, perawatan kulit dan lainnya. Untuk kategori nilai tertinggi Xiomai dan apple 11, kategori pakaian produk paling diminati Uniqlo.

Adapun 10 provinsi di Tiongkok yang menjadi pembeli terbanyak adalah Guangdong, Zhejiang, Jiangsu, Shangai, Shangdong, Beijing, Sichuan, He'nan, Fujian, dan Hubei. 

Global Shopping Festival 11.11 adalah agenda pesta belanja global tahunan yang diselenggarakan oleh Alibaba Group. Pesta belanja sudah berlangsung tahun 2009 atau 11 tahun lalu. 

Tahun ini, Alibaba menawarkan 1 juta produk baru yang akan ditawarkan dengan target 500 juta konsumen yang akan berbelanja dalam festival belanja ini – 100 juta lebih banyak dari tahun lalu.

Alibaba juga berencana membagikan 2 miliar “angpau” digital dan menggandeng 2.000 key opinion leader untuk berpartisipasi pada sesi livestreaming di berbagai platform milik Alibaba, untuk mempromosikan produk-produk serta meningkatkan interaksi brand dengan konsumennya. Diperkirakan akan ada kupon serta promosi bernilai RMB 50 miliar dari platform dan brand yang digunakan oleh para konsumen pada festival ini.

Tiongkok mengalami peningkatan daya belanja yang demikian besar, baik di kota-kota besar maupun di kota-kota kecil. Hal ini menciptakan saluran pertumbuhan bagi Alibaba serta pemilik brand dan penjual di platformnya untuk bergerak dalam memenuhi permintaan konsumen.

Terhitung Juni 2019, terdapat 266 juta penggguna baru (pengguna aktif bulanan) Taobao sejak dua tahun terakhir. Di tahun fiskal 2019, 70% dari mereka berasal dari kota-kota kecil.

Chris Tung, Chief Marketing Office Alibaba Grup  mengatakan: “Kami tidak hanya berfokus pada pertumbuhan jumlah konsumen di kota-kota kecil. Secara paralel, Alibaba juga akan mendukung digitalisasi pebisnis dan pabrik di kota-kota kecil tersebut untuk meningkatkan efisiensi operasional dan kemampuan untuk berinteraksi dengan konsumen, dengan memberikan mereka akses pada analytics, teknologi Internet of Things, dan berbagai perangkat pemasaran. Hal ini akan membantu mereka meningkatkan produktivitas untuk memenuhi permintaan konsumen.”

Untuk menyambut 11.11 Global Shopping Festival, para merchant telah melakukan upgrade menjadi Tmall Flagship Store 2.0. Versi terbaru Tmall Flagship Store kini menawarkan berbagai fitur dan alat baru yang menyediakan ruang bagi brand untuk dapat berinteraksi lebih jauh dengan konsumen mereka melalui konten yang kaya dan interaktif, serta pengalaman omnichannel.

Versi terbaru yang diluncurkan bulan Juli lalu ini menawarkan pengalaman bagi para merchant untuk menyesuaikan dan mengatur flagship store mereka untuk menawarkan pengalaman yang lebih mengesankan bagi para konsumen. Para merchant dapat mengatur konten dan promosi produk untuk berbagai tipe konsumen berdasarkan profil mereka.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS