Pemerintah Turunkan Bunga KUR Hanya 1 Persen

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Pemerintah Turunkan Bunga KUR Hanya 1 Persen
Rapat koordinasi dengan sejumlah Menteri terkait penurunan suku bunga KUR. (Suara.com/Fadil)

Suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang awalnya 7 persen menjadi 6 persen pada 2020 mendatang.

Suara.com - Pemerintah sepakat untuk menurunkan suku bunga Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang awalnya 7 persen menjadi 6 persen pada 2020 mendatang.

Kepastian tersebut datang setelah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menggelar rapat koordinasi dengan sejumlah Menteri terkait penurunan suku bunga KUR.

"KUR proyeksi per Januari suku bunganya turun dari 7 persen menjadi 6 persen," kata Airlangga di Kantornya, Jakarta Selasa (12/11/2019).

Tak hanya itu kata Airlangga, Pemerintah juga menaikan Plafon anggraan KUR untuk tahun 2020 dari Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun.

"Plafon KUR untuk tahun depan naik 36 persen dari Rp 140 triliun menjadi Rp 190 triliun di tahun 2020," katanya.

Perubahan kebijakan KUR ini diharapkan mendorong percepatan pertumbuhan UMKM di Indonesia, mengingat begitu penting dan strategisnya peran UMKM bagi perekonomian Indonesia.

Data BPS 2017 menunjukkan total unit usaha UMKM mencapai 99,9 persen dari total unit usaha. Selain itu, penyerapan tenaga kerjanya sebesar 96,9 persen dari total penyerapan tenaga kerja di Indonesia.

Jika ditinjau dari kontribusi terhadap Pendapatan Domestik Bruto (PDB) pun, UMKM menyumbang hingga sebesar 60,34 persen.

“KUR ini didorong untuk semua sektor, tapi kita akan fokus membangun KUR berbasis kelompok atau klaster, karena akan lebih efisien untuk perekonomian,” kata Menko Airlangga.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS