Heboh Video Tik Tok Pesawat Mantul, Garuda Indonesia Beri Respons

Agung Sandy Lesmana | Fakhri Fuadi Muflih
Heboh Video Tik Tok Pesawat Mantul, Garuda Indonesia Beri Respons
VP Corporate Secretary Garuda Indonesia M Ikhsan Rosan. (Suara.com/Fadil)

Menurutnya, tayangan itu dibuat dengan menggunakan aplikasi edit video.

Suara.com - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk angkat bicara perihal beredarnya dua rekaman video animasi yang viral di media-media sosial.

Satu rekaman video itu muncul di laman Youtube yang menampilkan sebuah pesawat berlogo Garuda Indonesia terbakar ketika mendarat di kapal induk.

Sedangkan, video lain beredar di aplikasi Tik Tok yang menayangkan sebuah pesawat dengan logo Garuda seperti memantul saat hendak melakukan pendaratan.

VP Corporate Secretary Garuda Indonesia, M Ikhsan Rosan mengatakan video itu bukan gambaran kejadian sebenarnya saat pesawat melakukan pendaratan. Menurutnya, tayangan itu dibuat dengan menggunakan aplikasi edit video.

Kata dia, pembuat video menambahkan efek spesial agar membuatnya menarik. Selain itu, Ikhsan mengaku tidak tahu soal adanya logo garuda di dua rekaman video pesawat tersebut.

Bidik layar soal video pesawat berlogo Garuda Indonesia di video Tik Tok. (istimewa).
Bidik layar soal video pesawat berlogo Garuda Indonesia di video Tik Tok. (istimewa).

"Video tersebut dibuat dengan menggunakan aplikasi “Tik Tok” yang merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk membuat dan mengedit video," ujar Ikhsan dalam keterangan tertulis, Sabtu (7/12/2019).

Video kedua menayangkan pesawat Garuda yang lepas landas dari sebuah kapal induk dalam suatu video game. Setelah itu, dalam keadaan terbakar, pesawat itu terlihat terus terbang meski badan pesawat diselimuti api.

Bidik layar soal video viral pesawat berlogo Garuda Indonesia di laman Youtube. (istimewa)
Bidik layar soal video viral pesawat berlogo Garuda Indonesia di laman Youtube. (istimewa)

Ikhsan menyatakan pihaknya tak berkaitan dengan game online tersebut. Ia mengaku Garuda tak melakukan kerja sama dengan game online mana pun untuk mencantumkan logonya.

"Game online penerbangan yang menggunakan logo Garuda Indonesia juga bukan merupakan game resmi baik yang diproduksi Garuda Indonesia maupun bekerjasama dengan pihak lain," katanya.

Garuda Indonesia disebutnya tengah menyelidiki lebih lanjut soal adanya dua video itu. Ia menyatakan akan mengambil langkah tegas dalam mengusut penyebaran video dua pesawat berlogo garuda itu.

"Garuda Indonesia saat ini tengah menyelidiki lebih lanjut video dan game tersebut dan berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengambil langkah tegas dalam menyikapi peredaran video dan game tersebut," katanya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS