7 Kegiatan yang Bikin Isi Dompet Mudah Terkuras, Kamu Harus Tahu

Arsito Hidayatullah
7 Kegiatan yang Bikin Isi Dompet Mudah Terkuras, Kamu Harus Tahu
Ilustrasi kebutuhan paket data internet. (Shutterstock)

Jangan telat, sekarang saatnya kamu melatih diri untuk meminimalisir aktivitas-aktivitas yang menguras isi dompet!

Suara.com - Di era belakangan ini, kebanyakan anak muda diketahui memiliki gaya hidup yang tinggi. Nongkrong di sana-sini, pakai baju dari merek ternama, ikut klub tertentu, dan banyak lagi, merupakan bagian dari gaya hidup generasi muda sekarang.

Gaya hidup bahkan bisa disebut menjadi aspek yang paling dijunjung tinggi. Padahal, kalau dipikir-pikir, justru gaya hidup inilah yang menyebabkan isi dompet cepat habis terkuras.

Di antara sekian banyak aktivitas yang termasuk ke dalam gaya hidup, tahukah kamu, ada beberapa jenis aktivitas yang diyakini paling menguras isi dompet. Apa sajakah itu? Seperti dikutip dari Cermati.com, berikut 7 kegiatan yang tanpa disadari menguras dompet.

1. Belanja Kebutuhan Bulanan yang Tak Terencana

Jika dibandingkan dengan belanja harian atau mingguan, belanja untuk keperluan selama satu bulan memang paling menguras isi dompet bila tanpa rencana yang baik.

Tapi, uang yang dikeluarkan dapat diminimalisir kalau kamu pintar memilih produk, membandingkan harga, dan memanfaatkan setiap promo yang ditawarkan oleh supermarket atau minimarket tempatmu berbelanja.

Sebelum berbelanja, ada baiknya buatkan list atau daftar barang yang ingin dibeli terlebih dahulu. Alhasil, barang-barang yang dibeli tidak melenceng dari daftar kebutuhanmu dalam satu bulan.

2. Paket Data atau Kuota Internet dan Pulsa

Hadirnya smartphone canggih memang memudahkanmu untuk mengakses informasi. Tapi sadar atau tidak, ponsel pinta milikmu juga menghabiskan biaya yang tidak sedikit. Misalnya saja untuk mengisi pulsa dan membeli kuota internet.

Coba bayangkan kalau kuota internet yang kamu habiskan mencapai 10 GB sebulan, kamu harus rela merogoh kocek sekitar Rp150.000 – Rp200.000 per bulan. Belum ditambah pemakaian pulsa. Lumayan boros juga, bukan?

Oleh karena itu, gunakan kuota internet dan pulsa dengan bijak. Sehingga kamu bisa menekan kebutuhan ini untuk sesuatu yang benar-benar penting, seperti menjalin komunikasi dan mencari info terkini, bukan hanya sekadar untuk main game.

3. Nongkrong di Kafe atau Jajan di Resto

Nongkrong saat akhir pekan memang paling enak, apalagi bersama teman-teman kantor. Nongkrong dipercaya dapat menghilangkan penat dan stres, sehingga tubuh kembali bersemangat lagi.

Tapi jangan salah, aktivitas paling menyenangkan ini terkenal cukup boros. Untuk satu kali nongkrong saja, kamu harus rela kehilangan Rp75.000 – Rp100.000.

Coba bayangkan kalau nongkrong menjadi rutinitas wajib setiap minggu, 10% dari gajimu sudah wajib ludes. Sah-sah saja kalau mau nongkrong , tapi jangan terlalu sering.

Bila perlu, pilih tempat nongkrong yang ramah di kantong agar uangmu tidak cepat habis. Kalau perlu juga, batasi nongkrong bersama hanya beberapa kali dalam sebulan saja.

4. Nonton Bioskop Tanpa Perhitungan

Memang sulit rasanya untuk melewatkan film-film terbaru yang tayang di bioskop. Apalagi kalau film tersebut diperankan oleh idola.

Keinginan untuk menonton pun akan meningkat dalam sekejap, bahkan rela mengantri panjang demi mendapatkan tiket nonton. Meski memberi hiburan, tapi nonton bioskop juga menguras kocek.

Kalau ingin menghemat pengeluaran, kamu harus lebih selektif lagi dalam memilih film untuk ditonton. Jangan pula menonton semua film terbaru yang dirilis di bioskop. Kalau begini ceritanya, seperempat dari gaji bulananmu akan habis hanya untuk kegiatan ini saja.

5. Berburu Gaya Busana Berkelas Tinggi

Demi terlihat fashionable di depan teman-teman, sebagian dari kamu malah tidak pikir panjang saat berbelanja produk fashion. Barang-barang high end pun menjadi incaran utama, baik itu pakaian, tas, sepatu, kacamata, ikat pinggang, hingga perhiasan.

Nafsu belanjamu pun semakin tinggi lagi ketika toko yang dikunjungi memberikan diskon dan cashback. Tidak ada yang melarangmu untuk berbelanja apapun yang kamu inginkan.

Tapi perlu diingat, belanjalah secara cermat. Jangan demi eksistensi, kamu rela menguras semua isi dompet atau bahkan rela berhutang demi terlihat wow di depan teman-temanmu.

6. Kebutuhan akan Produk-produk Perawatan Tubuh dan Kecantikan

Ternyata, bukan hanya wanita saja yang tergila-gila dengan produk skincare dan perawatan kecantikan, tapi juga pria. Tujuannya memang bagus yaitu untuk mempercantik diri. Tapi kalau sampai terlalu sering pergi ke salon atau klinik kecantikan, siap-siap saja uangmu akan habis.

Untuk menghemat biaya, kamu bisa membeli produk skincare dan perawatan yang biasa kamu pakai. Kapanpun kamu butuh, kamu bisa memakai produk tersebut di rumah tanpa harus pergi ke salon atau klinik kecantikan.

7. Melakukan Traveling dalam Kurun Waktu yang Lama

Traveling menjadi obat penghilang stres paling mujarab dikala masalah hidup tak kunjung usai. Tak perlu jauh-jauh, pergi menjajaki kota sebelah saja sudah cukup.

Tapi, pastikan jangka waktu traveling tidak terlalu lama. Sebab, semakin lama traveling maka semakin banyak pula biaya yang dihabiskan.

Apalagi kalau traveling saat libur panjang tiba, pengeluaranmu akan membengkak dua kali lipat dari hari biasanya. Jadi, lebih baik liburan dengan jumlah hari yang biasa saja, jangan terlalu lama.

Hentikan Hidup Boros, Mulailah Menabung!

Sekarang saatnya melatih diri untuk meminimalisir aktivitas-aktivitas yang menguras isi dompet, seperti tujuh aktivitas yang dijelaskan di atas. Sudah saatnya kamu menerapkan hidup hemat demi kesuksesan finansial di masa depan. Mulailah menabung, berinvestasi, dan tambah aset lancar agar hari tuamu bahagia.

Baca juga artikel Cermati lainnya:

Simak Beberapa Tren Liburan Ini dan Tips Cerdas Mempersiapkan Liburan

Cara Memanfaatkan Liburan Panjang Secara Maksimal

Liburan ke Singapura Jadi Hemat dan Murah dengan Tips Berikut Lho!

Published by

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS