Gubernur BI Minta Perbankan Segera Pangkas Suku Bunga Kreditnya

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
Gubernur BI Minta Perbankan Segera Pangkas Suku Bunga Kreditnya
Gubernur BI Perry Warjiyo. (Suara.com/Achmad Fauzi)

BI telah memangkas suku bunga yang sebelumnya 6 persen menjadi 5 persen.

Suara.com - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo tetap meminta perbankan untuk menurunkan suku bunga kreditnya. Hal ini lantaran, BI telah memangkas suku bunga yang sebelumnya 6 persen menjadi 5 persen.

Untuk diketahui, hasil Rapat dewan Gubernur Januari 2019 lalu, BI mempertahankan suku bunga acuannya di level 5 persen.

"Tahun lalu, kita menurunkan suku bunga 4 kali. Tentu saja kami tetap berusaha meminta bank memangkas suku bunganya," ujar Perry dalam Mandiri Investment Forum di Hotel Fairmont, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

Dalam hal ini, Perry memprediksi kinerja kredit perbankan tetap tumbuh dua digit pada 2020. Hal ini didorong dari kebijakan akomodatif yang dikeluarkan BI.

"Prediksi kredit tumbuh 10 persen karena dibantu kebijakan yang akomodatif. Medium term look, satu sektor penunjang adalah reformasi struktur," tuturnya.

Perry pun melanjutkan, kebijakan akomodatif yang dikeluarkan diantaranya pelonggaran uang muka Kredit Kepimilikan Rumah (KPR) dan pelonggaran Kredit sektor otomotif.

"Jadi ini yang disebut makroprudensial policy yang lebih akomodatif. Kami juga mendorong perbankan menerapkan kebijakan akomodatif. Jadi sekali lagi saya ingin menjaminkan ke bapak ibu policy BI selalu akomodatif," pungkas dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS