SMI Gelar Pelatihan Budidaya Sayur dan Ternak Ikan

Iwan Supriyatna | Achmad Fauzi
SMI Gelar Pelatihan Budidaya Sayur dan Ternak Ikan
Budikdamber. (Dok: Instagra/julinursandi_budikdambe)

SMI melakukan pelatihan Budidaya Sayur dan Ternak (Ikan) di dalam Ember (Budikdamber).

Suara.com - PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) ikut berpartisipasi mendukung program Pemulihan Ekonomi Nasional yang dicanangkan Pemerintah, terutama dalam peningkatan ketahanan ekonomi masyarakat di tengah kondisi pandemi Covid-19.

Salah satu bentuk partisipasi SMI ini dijalankan melalui kegiatan pemberdayaan masyarakat berupa pelatihan Budidaya Sayur dan Ternak (Ikan) di dalam Ember (Budikdamber) serta pemberian bantuan bibit tanaman dan ikan di wilayah Kelurahan Pengadegan, Kecamatan Pancoran, Jakarta Selatan.

Kelurahan Pengadegan dipilih menjadi lokasi kegiatan karena kondisinya sebagai salah satu kelurahan yang memiliki kepadatan penduduk cukup tinggi di wilayah Jakarta.

Selain itu, minimnya ruang terbuka hijau di daerah tersebut juga menyebabkan pemanfaatan lahan sempit di sekitar hunian warga sebagai lahan budidaya menjadi sangat berarti, terutama untuk menjamin ketersediaan atas kebutuhan konsumsi protein masyarakat setempat.

"Budikdamber dipilih karena termasuk metode budidaya yang mudah diterapkan oleh masyarakat dan tidak membutuhkan keahlian khusus dalam perawatannya," ujar Head of Corporate Secretary Ramona Harimurti dalam keterangannya, Kamis (23/7/2020).

Di dalam pelaksanaan kegiatan ini, PT SMI bekerja sama dengan Yayasan Bina Bangsa Berdikari (YB3), suatu organisasi non-profit yang aktif bergerak di bidang pendidikan dan ekonomi kemasyarakatan, serta kelompok tani (Poktan) Kelurahan Pengadegan.

Pada tanggal 21 Juli 2020, PT SMI telah memberikan bantuan sarana pendukung berupa 100 paket sarana Budikdamber berupa alat menanam dan berternak ikan air tawar, 1.000 bibit tanaman dan 2.500 bibit ikan yang diserahterimakan oleh PT SMI kepada Lurah Pengadegan, sebagai penasehat Kelompok Tani setempat.

Selain itu, PT SMI juga akan menyelenggarakan pelatihan serta pendampingan berkelanjutan kepada 100 warga RT 08/002, Kelurahan Pengadegan, sebagai tindak lanjut kegiatan ini.

"Pelatihan Budikdamber akan dilakukan secara bertahap dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan secara ketat guna mencegah penyebaran Covid-19, diantaranya dengan menjaga jarak duduk sepanjang 1.5 meter, pemeriksaan suhu tubuh kepada seluruh peserta dan diwajibkan untuk cuci tangan dengan menggunakan sabun serta menggunakan masker selama mengikuti kegiatan," jelas Ramona.

PT SMI mengharapkan program Budikdamber ini mampu memenuhi kebutuhan pangan warga setempat secara mandiri dan secara ekonomis dapat membantu meringkankan beban pengeluaran rumah tangga akibat dampak pandemi Covid-19.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS