Ridwan Kamil Targetkan Vaksin Corona Made In Jabar Bisa Digunakan Awal 2021

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Ridwan Kamil Targetkan Vaksin Corona Made In Jabar Bisa Digunakan Awal 2021
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. [Suara.com/Aminuddin]

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menargetkan vaksin virus corona atau Covid-19 yang ada di Jawa Barat bisa digunakan pada awal tahun depan.

Suara.com - Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menargetkan vaksin virus corona atau Covid-19 yang ada di Jawa Barat bisa digunakan pada awal tahun depan.

Menurut Kang Emil sapaan akrabnya hingga saat ini vaksin tersebut masih terus dilakukan uji klinis dengan melibatkan hampir 1.600 relawan.

"Berita baiknya vaksin sedang diproduksi dan pengetesannya di Bandung selama 3 bulan kepada 1.600 relawan," kata Kang Emil, Senin (27/7/2020).

Jika uji klinis tersebut berjalan lancar, Kang Emil menyebut, vaksin Corona bisa diproduksi dan digunakan masyarakat pada awal tahun 2021.

"Kalau ternyata lancar mungkin awal tahun 2021 vaksin produksi Bandung Jawa Barat bisa kita pakai untuk seluruh masyarakat Indonesia," ucapnya.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyatakan vaksin Covid-19 akan mulai beredar di Indonesia pada awal tahun 2021.

Pernyataan tersebut disampaikan, lantaran perusahaan farmasi pelat merah akan mulai memproduksi vaksin corona pada Januari 2021 dengan kapasitas maksimal 250 juta dosis.

"Karena kita ketahui bahwa vaksin baru bisa beredar di awal tahun depan," ujar Erick di Istana Kepresidenan.

Dalam rapat terbatas (ratas) dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi), Erick mengatakan Jokowi menekankan pembahasan difokuskan kepada ketersediaan vaksin corona.

"InsyaAllah ujungnya ada jalan. Rapat intern ini kita fokuskan mengenai vaksin yang selama ini masyarakat dan media juga menunggu-nunggu," ucap dia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS