alexametrics

Menko Airlangga Yakin Fintech Indonesia Bakal Jadi Raja ASEAN

Bangun Santoso | Mohammad Fadil Djailani
Menko Airlangga Yakin Fintech Indonesia Bakal Jadi Raja ASEAN
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Tangkap layar/BNPB Indonesia)

Keyakinan tersebut kata dia ketika hasil survei Google dan Temasek yang menempatkan Indonesia sebagai negara paling pesat perkembangan fintech-nya

Suara.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto meyakini perkembangan industri teknologi finansial atau fintech tanah air akan berkembang pesat. Bahkan Airlangga yakin industri satu ini akan merajai kawasan ASEAN.

Keyakinan tersebut kata dia ketika hasil survei Google dan Temasek yang menempatkan Indonesia sebagai negara paling pesat perkembangan fintech-nya.

"Pada 2019, Google dan Temasek memprediksi Indonesia adalah pertumbuhan tercepat di lingkup ASEAN," kata Airlangga dalam sebuah webinar, Rabu (11/11/2020).

Dirinya menyebut, fintech memiliki peranan besar dalam hal ini, dengan estimasi nilai sebesar 40 miliar dolar AS dan pertumbuhan tahunan sebesar hampir 50 persen.

Baca Juga: Jokowi Ingatkan Pelaku Fintech Tak Salahgunakan Data Pribadi

“Pada tahun 2025, fintech diperkirakan bernilai lebih dari 100 miliar dolar AS, didorong terutama oleh pembayaran digital, e-commerce, layanan transportasi online, distribusi barang, dan lain-lain,” papar Menko Airlangga.

Pada tahun 2020, Indonesia juga terus mengejar Singapura dalam jumlah fintech. Singapura memiliki 39 persen dari seluruh jumlah fintech di ASEAN, diikuti oleh Indonesia (20 persen), Malaysia (15 persen), dan Thailand (10 persen).

Airlangga menjelaskan, fintech akan terus memainkan peranan penting dalam inklusi keuangan yang sudah mencapai sekitar 76 persen.

“Saya percaya kita bisa memenuhi target keuangan yang inklusif di tahun 2024 sebesar 90 persen,” katanya.

Oleh karena itu, digitalisasi layanan keuangan akan menjadi isu krusial dan menjadi tantangan bersama, termasuk soal kebutuhan infrastruktur yang lebih kuat.

Baca Juga: Jokowi: Fintech Jangan Cuma Cari Untung, Tapi Beri Edukasi Keuangan

Ia pun menyebutkan sektor fintech merupakan salah satu sektor yang paling dinamis, kompetitif, dan menjadi bagian penting dari ekonomi digital.

“Kolaborasi pemerintah, akademisi, media massa, sektor bisnis, dan masyarakat diperlukan untuk pemulihan ekonomi nasional. Termasuk dalam hal inisiatif sektor keuangan dan teknologi finansial,” ujarnya menambahkan.

Komentar