alexametrics

Dolar AS Perkasa, Harga Emas Dunia Langsung Anjlok 1,5 Persen

Iwan Supriyatna | Mohammad Fadil Djailani
Dolar AS Perkasa, Harga Emas Dunia Langsung Anjlok 1,5 Persen
Ilustrasi Dolar AS [shutterstock]

Harga emas dunia anjlok lebih dari 1,5 persen pada perdagangan Selasa.

Suara.com - Harga emas dunia anjlok lebih dari 1,5 persen pada perdagangan Selasa, penurunan ini berada di jalur untuk mencatat penurunan harian terbesar dalam sebulan karena dolar AS yang kuat.

Mengutip CNBC, Rabu (8/9/2021) harga emas di pasar spot anjlok 1,6 persen menjadi 1.794,57 dolar AS per ounce ditetapkan untuk hari terburuk sejak 9 Agustus.

Sementara, emas berjangka Amerika Serikat ditutup melorot 1,9 persen menjadi 1.798,5 dolar AS per ounce.

Indeks Dolar (Indeks DXY) melonjak 0,5 persen terhadap sekeranjang pesaingnya, membuat emas lebih mahal bagi pemegang mata uang lainnya.

Baca Juga: Tapering, Harga Emas Dunia Justru Dekati Level Tertingginya

"Pasar emas melihat beberapa retracement," dengan dolar kemungkinan akan naik lebih jauh dan menekan logam itu, kata Daniel Pavilonis, analis RJO Futures.

Emas mencapai level tertinggi dua setengah bulan, Jumat, setelah laporan penggajian Amerika yang lebih lemah dari ekspektasi mendorong spekulasi bahwa Federal Reserve mungkin mendorong kembali waktu pengurangan pembelian obligasi.

Emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi dan penurunan nilai mata uang, yang disebabkan oleh langkah-langkah stimulus besar-besaran.

Lebih lanjut melemahkan daya tarik emas, imbal hasil US Treasury 10-tahun juga melesat ke level tertinggi sejak pertengahan Juli, meningkatkan opportunity cost memegang logam kuning yang tidak memberikan bunga.

Investor juga mencermati pertemuan Bank Sentral Eropa, Kamis, yang kemungkinan akan memperdebatkan pengurangan langkah-langkah stimulus karena ekonomi zona euro bangkit kembali.

Baca Juga: Harga Emas Antam Terus Turun ke Rp 940.000 per Gram

Perak menyusut 1,4 persen menjadi 24,32 dolar AS per ounce, platinum anjlok 2,2 persen menjadi 996,48 dolar AS per ounce. Paladium tergelincir 1,5 persen menjadi 2.373,68 dolar AS per ounce.

Komentar