alexametrics

Syarat dan Cara Penukaran Uang Rusak di Bank Indonesia

Rifan Aditya
Syarat dan Cara Penukaran Uang Rusak di Bank Indonesia
Cara penukaran uang rusak - Sejumlah warga antre untuk menukarkan uang rusak dengan uang baru di mobil Layanan Kas Keliling Bank Indonesia di kawasan perbelanjaan Lokasari, Jakarta, Selasa (6/9).

Berikut ini cara penukaran uang rusak di Bank Indonesia dan syaratnya.

Suara.com - Saat mendapati beberapa uang rusak karena dimakan rayap atau sebab lainnya, jangan langsung panik sebab bisa ditukar di Bank Indonesia (BI). Berikut ini cara penukaran uang rusak di Bank Indonesia.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menegaskan bahwa uang yang dimakan rayap bisa ditukarkan dengan uang baru dengan sejumlah persyaratan tertentu. Sebelum tahu cara penukaran uang rusak, cek dahulu syaratnya.

Syarat Uang Rusak yang Bisa Ditukarkan

Adapun lokasi penukaran uang rusak, dapat dilakukan di semua kantor Bank Indonesia (BI) yang ada di Indonesia. Kerusakan yang dimaksud bisa berupa sobek, ada bagian yang hilang, terpotong, tergores dan sebagainya. 

Baca Juga: Cara Menukar Uang Rusak di Bank Indonesia, Ikuti Syarat Berikut

Penting untuk diperhatikan, bahwa tidak semua uang rusak bisa ditukarkan. Syarat penukaran uang rusak yang pertama adalah masyarakat hanya bisa menukarkan uang rusak yang merupakan uang rupiah asli.

Selain itu, uang tersebut juga harus masih berlaku sebagai alat pembayaran yang sah. Jika uang yang rusak sudah dicabut dan ditarik dari peredaran oleh BI, maka uang yang bisa ditukar adalah yang belum habis masa penukarannya.

Besar uang yang bisa ditukar harus lebih dari 2/3 ukuran uang. Itu artinya, kerusakan atau bagian yang hilang karena sobek tidak boleh lebih dari 1/3 bagian. Selanjutnya, jika uang terdiri dari 2 bagian harus ada nomor seri yang sama pada kedua bagian tersebut.

Cara Menukar Uang Rusak di BI

Berikut ini adalah beberapa cara menukarkan uang rusak ke Bank Indonesia:

Baca Juga: Punya Uang Rusak? Bank Indonesia Buka Penukaran Mulai Hari Ini

  1. Bawa uang rusak yang masih memenuhi syarat sesuai Bank Indonesia, lalu kunjungi kantor BI atau bank umum yang melayani penukaran uang rusak.
  2. Serahkan uang yang ingin ditukarkan kepada petugas yang ada. 
  3. Maka petugas akan melakukan scanning terhadap uang yang dibawa.
  4. Jika uang yang rusak masih sesuai persyaratan, maka uang tersebut akan diganti dengan nominal yang sama.
  5. Namun jika uang tidak memenuhi persyaratan, maka petugas akan meminta Anda mengisi formulir pengajuan penelitian yang disediakan. 
  6. Jika tidak ingin melanjutkan proses penelitian, maka uang tersebut akan langsung dikembalikan.

Diberitakan sebelumnya, terdapat sebuah video mengenai uang yang dimakan rayap bisa ditukar asalkan memenuhi proses pengukuran kebutuhan uang viral di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok @by_zoel.

Komentar