facebook

Cristiano Ronaldo dan Messi Kembali Masuk Nominasi, Segini Total Hadiah Ballon D'Or

M Nurhadi
Cristiano Ronaldo dan Messi Kembali Masuk Nominasi, Segini Total Hadiah Ballon D'Or
Bintang Real Madrid Cristiano Ronaldo memenangi penghargaan Ballon d'Or kelima kalinya di Paris, Prancis. (FRANCK FAUGERE / L'EQUIPE / AFP)

Ballon D'Or merupakan salah satu prestasi prestisius bagi seorang atlet sepakbola. Namun, berapa total hadiah uang penerima Ballon d'Or?

Suara.com - Nama-nama besar seperti Lionel Messi, Cristiano Ronaldo dan Robert Lewandowski kembali muncul sebagai nominasi Ballon d'Or.

Pemain bintang lainnya, bahkan beberapa para generasi muda juga masuk nominasi di antaranya ada Erling Haaland, Kylian Mbappe, Karim Benzema, dan Romelu Lukaku.

Namun, berapa total hadiah uang penerima Ballon d'Or?

Meski sudah berganti nama beberapa kali, Ballon d'Or yang sudah berjalan sejak tahun 1956 ini tidaklah memberi uang secara langsung.

Baca Juga: Masih Adaptasi, Luke Shaw Yakin Jadon Sancho akan Bersinar di MU

Namun, pemain yang menerima penghargaan itu biasanya memiliki kontrak dengan klub atau sponsor yang menjelaskan adanya bonus jika sang pemain mendapatkan penghargaan.

Ballon D'Or tidak ubahnya bisnis timbal balik, saat sang pemain mendapatkan penghargaan, otomatis pamornya bertambah hingga nilai pemain tersebut turut meningkatkan nilai dari sponsor dan klub.

Bintang Barcelona, Lionel Messi membuat rekor setelah meraih trofi Ballon d'Or untuk keenam kalinya pada 2019 di Chatelet Theatre, Paris. (FRANCK FIFE / AFP)
Bintang Barcelona, Lionel Messi membuat rekor setelah meraih trofi Ballon d'Or untuk keenam kalinya pada 2019 di Chatelet Theatre, Paris. (FRANCK FIFE / AFP)

Sebagai contoh, saat CR7 (julukan Ronaldo) menerima Ballon d'Or pada 2016 lalu, ia mendapatkan untung hingga 162 juta euro atau sekitar Rp2,7 triliun berkat kontrak spesial yang ditawarkan oleh Nike.

Tidak hanya Ronaldo, hal yang sama juga dimiliki oleh para pemain bintang lainnya. Dengan menerima Ballon d'Or maka pamor dari sponsor juga ikut terdongkrak hingga sponsor tidak akan rugi untuk menambah bayaran pemain terkait.

Namun, belum ada sumber yang secara jelas menyebutkan bahwa ada nominal uang bagi pemain penerima Ballon d'Or.

Baca Juga: Gary Lineker: Manchester United Rampungkan Transfer Cristiano Ronaldo di Kebun

Hanya saja, jika pemain tersebut berniat menjual emas penghragaan yang konon merupakan emas solid itu, setidaknya diperkirakan seharga 1,5 juta euro atau sekitar Rp25 miliar.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar