alexametrics

Real Investor! Warren Buffet Untung Rp127 Triliun Dari Investasi Satu Perusahaan

M Nurhadi
Real Investor! Warren Buffet Untung Rp127 Triliun Dari Investasi Satu Perusahaan
Warren Buffet. (Forbes.com)

elalui perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway, Buffet sukses meraup cuan dari American Express dalam satu tahun ini.

Suara.com - Investor legendaris yang merupakan jajaran orang terkaya di dunia, Warren Buffett baru saja berhasil untung hingga hingga hampir USD9 miliar (Rp127 triliun) hanya dari satu perusahaan saja.

Melalui perusahaan investasinya, Berkshire Hathaway sukses meraup cuan dari American Express dalam satu tahun ini. Saat ini, total total keuntungan yang belum direalisasi pada saham menjadi sekitar USD26 miliar.

Untuk informasi, Buffet memiliki 152 juta saham perusahaan kartu kredit tersebut, dengan modal ini, ia meraup posisi 27 miliar dolar AS pada Selasa (19/20/2021) lalu.

Buffet menghasibkan USD1,3 miliar untuk holding, sehingga mereka sukses menghasilkan sekitar 20 kali lipat uang mereka di atas kertas, belum termasuk dividen.

Baca Juga: Apa Itu Black Card? Kartu Kredit Eksklusif yang Hanya Dimiliki Para Elit Dunia

Mengutip dari Warta ekonomi, ) saham American Express berada di angka US$ pada Selasa lalu, nilai yang cukup tinggi hingga hampir menyentuh rekor tertinggi intraday US$180 pada bulan Juli.

Saham perusahaan keuangan itu naik 50% tahun ini karena ekonomi AS telah pulih dari pandemi, dan risiko gelombang gagal bayar pinjaman telah memudar. 

Kenaikan saham telah meningkatkan nilai saham Berkshire menjadi sebesar USD8,6 miliar tahun ini.

Berkshire telah menjadi pemegang saham American Express selama lebih dari 25 tahun.  Buffett merupakan salah satu penggemar lama American Express karena nilai merek dan hubungan pelanggannya.

Pada pertengahan 1960-an, dia bahkan menanamkan 40% dari modal kemitraan investasinya ke dalam bisnis setelah harga sahamnya turun setengahnya karena skandal Salad Oil.

Baca Juga: Tak Punya Kartu Kredit? Begini Cara Top Up FF di Indomaret

Buffett juga menggambarkan American Express sebagai perusahaan "satu-satunya" dalam suratnya tahun 1980 kepada pemegang saham.

Komentar