facebook

Cara Mengembalikan Pesanan Shopee dan Shopee Mall: Agar Retur Lancar

M Nurhadi
Cara Mengembalikan Pesanan Shopee dan Shopee Mall: Agar Retur Lancar
Ilustrasi: Petugas mengemas paket kiriman. (Antara/Zabur Karuru)

Cara mengembalikan pesanan Shopee (retur) dibedakan atas barang belanjaan yang berasal dari Shopee Mall dan non-Shopee Mall.

Suara.com - Saat berbelanja online di marketplace, Shopee, terkadang ada ketidaksesuaian antara barang yang dipesan dengan yang dikirimkan ke alamat tujuan.

Cara mengembalikan pesanan Shopee (retur) dibedakan atas barang belanjaan yang berasal dari Shopee Mall dan non-Shopee Mall. Berikut rinciannya sesuai dilansir dari help.shopee.co.id.

Untuk barang yang berasal dari Shopee Mall langkah pertama adalah klik item saya pada aplikasi. Kemudian lanjutkan dengan klik Dikirim pada bagian Pesanan Saya. Klik produk yang ingin diajukan pengembalian barangnya sehingga kita bakal diarahkan ke laman Rincian Pesanan. Kemudian klik Ajukan Pengembalian.

Pada bagian Alasan Pengembalian pilih alasan yang sesuai dengan kondisi produk yang diterima. Jangan lupa tambahkan foto dan beri keterangan mengenai produk yang diterima untuk mendukung proses pengembalian apabila barang memang tidak sesuai dengan keinginan. Terakhir, pilih jasa kirim yang akan digunakan dan klik Kirimkan.

Baca Juga: Cara Aktifkan Shopee PayLater, Hanya Perlu 6 Langkah!

Dalam kasus pengembalian barang, pengembalian harus memenuhi syarat tertentu. Barang baru bisa dikembalikan apabila memang benar-benar tidak sampai ke tujuan hingga batas waktu tertentu, menerima produk yang tidak lengkap, menerima produk yang salah, barang tidak asli, serta terdapat kerusakan pada keseluruhan atau sebagian barang sehingga tidak layak diterima. Jika sudah begitu konsumen berhak mengembalikan barang.  

Saat memasukkan data pastikan pula alamat email merupakan email yang aktif dan bisa digunakan untuk menerima notifikasi. Jika perlu klik Lihat Instruksi membaca Petunjuk Pengembalian.

Di lain sisi, untuk barang-barang non-Shopee Mall, pastikan masa pengembalian barang masih masuk dalam masa garansi Shopee. Jika kamu berniat mengembalikan barangmu, jangan klik Pesanan Diterima terlebih dahulu yang artinya barangmu sudah tidak bisa ditarik kembali.

Produk non-Shopee Mall yang ingin dikembalikan baik barang atau dana akan diproses dalam tujuh hari kalender sejak input resi atau maksimal dua hari kalender sejak status pengiriman terkirim apabila menggunakan resi dari Shopee.

Kontributor : Nadia Lutfiana Mawarni

Baca Juga: Pemerintah Batasi Impor Produk di Shopee dan Lazada, Ini Kategorinya

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar