alexametrics

Apa itu Skimming ATM? Ini Arti dan Cara Menghindari

Rifan Aditya
Apa itu Skimming ATM? Ini Arti dan Cara Menghindari
Skimming ATM: Arti dan Cara Menghindari - Ilustrasi Mesin ATM. (pixabay.com/peggy_marco)

Arti skimming ATM adalah tindakan melakukan pencurian informasidata kartu ATM, baik debit maupun kredit. Bagaimana cara menghindarinya?

Suara.com - Arti skimming ATM adalah tindakan melakukan pencurian informasi data kartu ATM, baik debit maupun kredit. Pencurian itu dilakukan dengan menyalin informasi yang tercantum dalam strip hitam magnetik setiap kartu. 

Praktek skimming ATM dilakukan oleh pencuri dan penipu, sehingga kita harus mewaspadainya. Mari kita pahami lebih banyak lagi apa itu skimming atm: arti dan juga cara menghindari. 

Arti Skimming ATM 

Arti skimming ATM telah dijelaskan di atas. Berdasarkan pada penjelasan di atas, maka skimming ATM merupakan salah satu dari modus operandi pencurian uang.

Baca Juga: Selera Humor Bapak-Bapak, Kulkas Malah Disulap Jadi Mesin ATM

Setelah mereka berhasil menyalin data yang terdapat distrip magnetik, mereka akan menarik uang Anda menggunakan alat mereka sendiri. Oleh karena itu, pastikan Anda mengetahui cara menghindari skimming ATM atau melakukan transaksi yang lebih aman.

Cara Menghindari Skimming ATM

Berikut adalah beberapa cara menghindari skimming ATM yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber. 

  1. Pastikan mesin ATM atau EDC dalam kondisi normal, tidak ada kejanggalan secara fisik. 
  2. Periksa bagian mulut ATM, pastikan tidak ada benda asing apapun , bila ada kejanggalan jangan lakukan transaksi dengan mesin ATM tersebut. 
  3. Lebih aman jika melakukan transaksi menggunakan mesin ATM di tempat yang ber pencahayaan yang baik, dilengkapi CCTV, ada satpam, karena pencuri biasanya menghindari lokasi ATM yang dijaga ketat.  
  4. Lebih aman jika melakukan transaksi di ATM kantor cabang resmi bank penerbit ATM Anda. Hindari melakukan transaksi ATM yang terpasang di pasar, atau area umum lain seperti rumah sakit dan stasiun kereta api. Sebab di area seperti ini, pencuri dapat melakukan aksi memasang alat mereka dengan mudah karena akan terlihat seperti pengunjung pasar, stasiun, dan lain-lain. 
  5. Jangan pernah memberikan data atau informasi kartu Anda, jangan pernah menandatangani slip transaksi kosong, jangan pernah memberikan nomor PIN Anda kepada orang lain. 
  6. Buatlah nomor PIN dengan kombinasi angka yang kuat. Hindari menggunakan inisial, tanggal lahir, dan nomor telepon atau kombinasi lain yang mudah ditebak. 
  7. Lakukan pengubahan PIN secara berkala. 

Demikian penjelasan singkat tentang skimming ATM mulai dari arti dan cara menghindarinya.

Kontributor : Mutaya Saroh

Baca Juga: Pria Alami Hal Mengejutkan saat Ambil Gaji Pertama di ATM, 'Sumpah Malu Banget'

Komentar