facebook

Siapa Presiden Indonesia Terkaya Sepanjang Sejarah? Ini Kisaran Hartanya

M Nurhadi
Siapa Presiden Indonesia Terkaya Sepanjang Sejarah? Ini Kisaran Hartanya
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). [Antara/Rony Muharrman]

Dua presiden Indonesia yakni Soeharto dan SBY pernah dinobatkan sebagai salah satu orang terkaya versi Forbes

Suara.com - Harta pejabat negara, termasuk presiden bisa diketahui publik. Namun, masyarakat sampai saat ini tetap bertanya-tanya siapa presiden terkaya Indonesia sepanjang sejarah?

Tidak ada data kekayaan resmi dari presiden pertama Soekarno hingga presiden ketujuh Joko Widodo. Namun, berdasarkan perincian yang dikutip dari berbagai sumber berikut kekayaan Susilo Bambang Yudhoyono presiden keenam Indonesia mencapai lebih dari Rp6,8 triliun. Berikut rinciannya seperti dikutip dari berbagai sumber. 

1. Soekarno

Presiden pertama sekaligus proklamator kemerdekaan Indonesia ini dikabarkan mencapai 57.000 ton emas dari Amerika. Sebuah surat kabar Austria bahkan pernah memuat klaim bahwa kekayaan Soekarno mencapai 180 miliar dolar atau sekitar Rp22 triliun yang disimpan di Union Bank of Switzerland (UBS). 

Baca Juga: Forum B20, Jokowi Sebut Pandemi Bisa Jadi Peluang Pertumbuhan Ekonomi yang Inklusif

2. Soeharto

Presiden yang dikenal dengan sebutan Pak Harto ini juga merupakan sosok yang kaya. The Washington Post pernah menerbitkan liputan soal kekayaan Soeharto pada 1998. Diakses di situs resminya, liputan itu menyebutkan jika kekayaan bersih Soeharto saat itu adalah 16 miliar dolar Amerika atau sekitar Rp224 triliun, sedangkan kekayaan bersama keluarga mencapai 30 miliar dolar Amerika atau Rp52 triliun. 

Dalam laporan yang sama, Soeharto dikenal selalu hidup sederhana. Dia lebih banyak menghindari Istana Kepresidenan dan memilih tinggal di rumahnya sendiri di Jalan Cendana. Saat itu Pak Harto tidak pernah berpakaian mewah atau perhiasan mahal. Namun, tetap dilaporkan sebagai salah satu orang terkaya di dunia oleh majalah Forbes. 

3. BJ Habibie

BJ Habibie menggantikan jabatan Soeharto setelah reformasi 1998. Presiden yang mengenyam pendidikan pesawat terbang di Jerman ini menurut Fed Intern Economy Review memiliki kekayaan sekitar 60 juta dolar AS atau sekitar Rp815 miliar. Kekayaan ini berasal dari industri di bidang teknologi seperti latar belakang pendidikannya. Habibie bergelut di bisnis industri pertanian dan perkebunan di Batam. 

Baca Juga: Pindahkan Ibu Kota ke Kalimantan, Jokowi Disebut Melanggar Sila Pertama

4. Abdurrahman Wahid

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar