facebook

Total Hadiah Sea Games 2022, Segini Bonus yang Dijanjikan PBESI untuk Pemenang Esports

M Nurhadi
Total Hadiah Sea Games 2022, Segini Bonus yang Dijanjikan PBESI untuk Pemenang Esports
Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI), Bambang Sunarwibowo. [PBESI]

PBESI menjanjikan uang tunai Rp7 miliar sebagai bonus tambahan hadiah Sea Games 2022 untuk peraih medali emas cabang olahraga esports.

Suara.com - Pesta olahraga terbesar Asia Tenggara Sea Games 2022 ke-31 akan segera berlangsung di Hanoi, Vietnam 12-23 Mei mendatang. Hadiah Sea Games 2022 memang belum menjadi perbincangan hangat.

Namun, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) menyebutkan mereka telah menyiapkan hadiah tambahan senilai Rp7 miliar bagi atlet cabang olahraga (cabor) esports. 

Hadiah Sea Games 2022 ini diperuntukkan bagi para atlet esports yang berhasil meraih medali emas. Indonesia akan mengirimkan 38 atlet untuk enam nomor di cabang olahraga ini. 

Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo mewakili Ketua Umum Jenderal Pol (Purn) Budi Gunawan menyampaikan bahwa hadiah Sea Games ini juga ditujukan untuk pelatih yang berhasil membimbing para atlet ke posisi teratas dalam kategori olahraga Esports. Selain hadiah yang tergolong fantantis, Bambang menambahkan setiap atlet pasti menerima uang saku tambahan. Anggarannya adalah Rp850 juta untuk 38 atlet. 

Baca Juga: Timnas Indonesia U-23 Punya Rekor Tak Terkalahkan Lawan Filipina di SEA Games

Hadiah tambahan Rp7 miliar ini dinilai layak. Pasalnya Indonesia menargetkan raihan minimal enam medali emas dari cabor ini. Itu berarti dari enam cabang yang diikuti oleh Indonesia, kontingen Tanah Air menargetkan untuk menjadi nomor satu di semua kategori.

Target yang tidak terlalu ambisius mengingat sebelumnya para atlet telah menjalani pemusatan latihan nasional di Basecamp Military Lifestyle, Megamendung, Bogor, Jawa Barat.

Esports atau olahraga digital ini menjadi ajang yang baru saja hadir di Sea Games. Tahun ini untuk kali kedua cabor Esports hadir setelah gelaran pertamanya dilaksanakan pada Sea Games 2019 kemarin.

Tahun ini esports akan memperebutkan sepuluh medali emas dari delapan judul game yang dipertandingkan. Game tersebut dibagi dalam kategori PC dan mobile. Untuk kategori PC, game yang akan dimainkan adalah League of Legends, FIFA Online 4 dan Cross Fire.

Sementara di kategori mobile, jenis gamenya adalah League of Legends: Wild Rift (pria dan wanita), Arena of Valor, PUBG Mobile (solo dan tim), Free Fire, dan Mobile Legends: Bang-Bang. 

Baca Juga: TikTok Jadi Pendukung Resmi SEA Games Ke-31, Bisa Nonton Pertandingan Live dan Berinteraksi dengan Atlet Favorit

Indonesia akan mengikuti enam nomor dari delapan jenis game tersebut. Keenamnya adalah nomor-nomor yang terbukti memiliki rekam jejak prestasi di dunia esports. 

Komentar