facebook

5 Tips Memperbaiki Rumah Terdampak Banjir, Tidak Perlu Mahal

M Nurhadi
5 Tips Memperbaiki Rumah Terdampak Banjir, Tidak Perlu Mahal
Banjir rob melanda kawasan pesisir Kabupaten Tuban, Jawa Timur. [Istimewa] 

Banjir mengakibatkan kerugian material. Salah satunya adalah merusak rumah.

Suara.com - Bencana banjir kerap tak terhindarkan di musim penghujan. Tips memperbaiki rumah terdampak banjir diperlukan agar pemilik tidak salah langkah dalam merawat rumah setelah banjir. Tips ini layak diterapkan di kawasan pantai utara (pantura) yang langganan diterjang banjir rob

Tips memperbaiki rumah terdampak banjir adalah sebagai berikut. 

1. Pindahkan Semua Perabotan Tersisa 

Langkah pertama adalah memindahkan semua perabotan tersisa yang masih berfungsi. Pindahkan semua perabotan ke tempat aman. Usahakan cari tempat yang kering agar perabotan tidak lembab dan justru berpotensi merusak. Perabotan elektronik seperti televisi dan kulkas juga harus mendapat tempat yang tidak lembab. 

Baca Juga: Viral! Banjir Rob Semarang Rendam Kawasan Pabrik: Warga Ramai-ramai Tuntun Sepeda Motor, Cuma Kelihatan Batok Kepala

2. Bersihkan Air Sisa Genangan 

Pekerjaan rumah yang menguras tenaga setelah banjir adalah membersihkan air sisa genangan. Ini bukan hal mudah mengingat rendaman air biasanya meninggalkan bau dan menjadi sarang penyakit.

Di samping genangan air, bagian dari memperbaiki rumah terdampak banjir adalah menyerok semua lumpur yang terbawa. Pekerjaan ini biasanya membutuhkan waktu berhari-hari karena lumpur yang ditinggalkan setelah banjir surut biasanya sangat tebal. 

3. Bersihkan Lantai dengan Antiseptik 

Langkah selanjutnya setelah menyerok semua lumpur adalah membersihkan lantai dengan cairan antiseptik. Cairan antiseptik berfungsi untuk membunuh kuman. Gunakan cairan antiseptik dan air hangat agar lantai bekas banjir semakin bersih. 

Baca Juga: Pabrik Kawasan Industri Lamicitra dan Pelabuhan Tanjung Emas Sepi Usai Terdampak Banjir

4. Cabut Walpaper Rumah

Komentar