facebook

6 Kontroversi Roy Suryo, Mulai dari Stupa Mirip Jokowi Sampai Tak Hafal Indonesia Raya

M Nurhadi
6 Kontroversi Roy Suryo, Mulai dari Stupa Mirip Jokowi Sampai Tak Hafal Indonesia Raya
Aset Negara Belum Di Kembalikan Roy Suryo ( Instagram )

Kasus meme stupa mirip Jokowi yang tersebar di media sosial menyeret nama Roy Suryo. Dia dulu juga diisukan pernah mencuri perabot rumah tangga di Kemenpora.

Suara.com - Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Roy Suryo mendatangi Polda Metro Jaya Jakarta Kamis (16/6/2022) terkait kasus unggahan stupa Candi Borobudur yang diedit sehingga mirip wajah Presiden Joko Widodo.

Kontroversi Roy Suryo bertambah setelah dirinya dituding sebagai salah salah satu pengunggah gambar meme tersebut. Padahal, dirinya hanya di-mention oleh pihak lain dan tidak menjadi pengunggah.

Di Polda Metro Jaya, Roy Suryo melaporkan tiga akun media sosial yang disebut sebagai pengunggah pertama meme tersebut. Dia juga meminta maaf kepada umat Buddha dan mengklarifikasi tidak ada maksud melakukan tindakan pelecehan agama.

Terlebih beberapa warganet mengaitkan kasus tersebut dengan kenaikan tarif Candi Borobudur menjadi Rp750.000 yang sempat menghebohkan media sosial. 

Baca Juga: Alumni Kartu Prakerja Berbaris Rapi Memasuki Sentul International Convention Center

Kontroversi Roy Suryo memang beberapa kali mencuat di media. Kontroversi soal meme Candi Borobudur ini bukan yang pertama kalinya. Berikut daftar beberapa kontroversi yang pernah dilakukan mantan menteri asal Yogyakarta tersebut. 

1. Memotong Video Menteri Agama Yaqut Cholil Qounas

Pada bulan Februari lalu, Roy Suryo membuat heboh karena memotong video Menteri Agama RI Yaqut Cholil Qounas yang menjelaskan mengenai volume toa masjid.

Akibatnya, ia dilaporkan ke polisi atas tuduhan membuat kegaduhan di masyarakat. Bagian yang dipotong adalah penjelasan Menag soal toleransi sehingga menimbulkan salah presepsi di masyarakat dengan membandingkan suara azan dan gonggongan anjing. 

2. Dijuluki Dewa Panci

Baca Juga: Tidur di Ranjang Susun, Ganjar dan Bobby Kompak Cerita Pengalaman di Sekolah PDIP

Saat masih menjabat sebagai Kemenpora, Roy Suryo diisukan menggondol ribuan barang rumah tangga milik Kemenpora sehingga dia disuruh mengembalikan aset negara yang jumlahnya mencapai 3.226 perabotan.

Komentar