facebook

ITDC Sebut Progres Pembangunan Kawasan Wisata di Labuan Bajo Capai 34,26 Persen

Erick Tanjung | Achmad Fauzi
ITDC Sebut Progres Pembangunan Kawasan Wisata di Labuan Bajo Capai 34,26 Persen
Kawasan wisata Pulau Komodo di Manggarai, Nusa Tenggara Timur [SuaraSulsel.id/Lorensia Clara Tambing]

"Pengembangan kawasan pariwisata Tana Mori merupakan penugasan pemerintah ketiga bagi ITDC dalam pengembangan destinasi pariwisata di Indonesia," ujar Abdulbar.

Suara.com - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) memastikan pembangunan kawasan wisata Tana Mori Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur berjalan sesuai target. Hingga saat ini, progres pembangunan kawasan wisata tersebut capai 34,26 persen.

Direktur Utama ITDC, Abdulbar M Mansoer mengatakan, progres pembangunan ini mencakup lingkup pekerjaan konstruksi, pekerjaan perencanaan serta pekerjaan umum.

"Pengembangan kawasan pariwisata Tana Mori merupakan penugasan pemerintah ketiga bagi ITDC dalam pengembangan destinasi pariwisata di Indonesia," ujar Abdulbar dalam keterangan di Jakarta, Rabu (6/7/2022).

Keseluruhan pembangunan tahap 1 dijadwalkan dapat selesai pada kuartal I tahun 2023 dengan penyelesaian infrastruktur dan fasilitas MICE sendiri ditargetkan pada kuartal I tahun 2022.

Baca Juga: ITDC Target Pembangunan Tana Mori Labuan Bajo Tahap Pertama Rampung Awal Tahun 2023

Segera setelah pembangunan tahap 1 rampung, pembangunan destinasi pariwisata Tana Mori akan memasuki tahap 2 berupa pembangunan fasilitas akomodasi hotel bintang lima.

Sebagai informasi, pendanaan pembangunan tahap 1 Tana Mori ini menggunakan dana Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp470 Miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara/APBN Tahun 2021 yang telah diperoleh ITDC pada Desember 2021 lalu.

PMN ini dimanfaatkan untuk membangun infrastruktur dasar yaitu jalan akses, utilitas antara lain jaringan listrik, jaringan plumbing, ground water tank, tempat pembuangan sampah sementara, fasilitas utama kawasan berupa fasilitas MICE untuk 200 pax, serta fasilitas lainnya berupa Wellness Center.

Pembangunan infrastruktur, venue MICE dan Wellness Center ini adalah bagian dari masterplan pengembangan keseluruhan Tana Mori, Labuan Bajo, NTT.

"Pengembangan yang kami lakukan akan memperhatikan pelestarian alam, budaya dan kesejahteraan masyarakat daerah sekitar destinasi pariwisata," imbuh Abdulbar.

Baca Juga: Kapal Tak Berizin Dilarang Berlayar di Perairan Labuan Bajo Pulau Komodo

Tana Mori yang terletak di Desa Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki berbagai macam spot pariwisata yang atraktif mulai dari alam hingga kebudayaan. Lokasi site, yang saat ini tengah dibangun oleh ITDC ini, berhadapan langsung salah satunya dengan Pulau Rinca yang termasuk ke dalam Taman Nasional Komodo yang merupakan situs warisan dunia UNESCO.

Komentar