Ecommerce Kian Marak, Tapi Instagram Masih Cuan Buat Media Jualan

Vania Rossa
Ecommerce Kian Marak, Tapi Instagram Masih Cuan Buat Media Jualan
Ilustrasi jualan di Instagram (unsplash.com/Jakob Owens)

Meski kini banyak orang beralih jualan di ecommerce, kamu masih tetap bisa, kok, jualan di Instagram.

Suara.com - Sebelum ecommerce marak seperti sekarang, banyak pelaku bisnis memilih jualan di Instagram. Sebagai salah satu media sosial dengan pengguna terbanyak di dunia, Instagram menawarkan kemudahan untuk akses foto tanpa perlu deskripsi panjang. Cocok buat kamu yang punya bisnis fisik, seperti makanan atau pakaian.

Nah, meski kini banyak orang beralih jualan di ecommerce, kamu masih tetap bisa, kok, jualan di Instagram. Hanya saja, mungkin kamu butuh sedikit effort lebih untuk menggaet pembeli lewat Instagram. Bagaimana caranya?

Simak tips jualan di Instagram berikut ini, mengutip dari laman IDX Channel.

1. Posting tentang produk secara rutin.

Baca Juga: Gita Savitri Dibuat Mati Kutu Sama Bude, Suami Senyum Akhirnya Cangkem Istri Dibuat Diam

Alih-alih posting produk sekaligus dalam satu hari, lebih baik kamu posting beberapa produk setiap hari secara rutin. Misalnya pada hari-hari tertentu, atau bahkan setiap hari. Tujuannya, agar follower selalu melihat ada update dari akun kamu.

2. Behind the process

Kamu jualan makanan, atau menjahit baju daganganmu sendiri? Bikin video behind the process, dan upload sebagai reels di feed Instagram kamu. Tujuannya, supaya calon pembeli yakin sama kualitas barang yang kamu jual.

3. Bikin story untuk berbagai produk

Meski usianya hanya 24 jam, penting juga membuat Instagram Story untuk kumpulan produk-produk jualan kamu. Kamu bisa bikin tema "Product of the Day", atau "Produk Diskon Hari Ini" untuk menarik pelanggan.

Baca Juga: Beri Ucapan Selamat HPN 2023, Bupati Anne: Insan Pers Harus Semakin Profesional

4. Bagikan postingan foto dan video dari pembeli