Dukung Digitalisasi Jawa Barat, IDCloudHost Sediakan Layanan Cloud Bagi Aplikasi IoT

Iwan Supriyatna
Dukung Digitalisasi Jawa Barat, IDCloudHost Sediakan Layanan Cloud Bagi Aplikasi IoT
JTDigital (PT Jabar Telematika) menandatangani MoU dengan PT Cloud Hosting Indonesia, yang dikenal masyarakat dengan IDCloudHost.

Dorongan Presiden Jokowi untuk mewujudkan pelayanan publik yang optimal lewat transformasi digital pada seluruh sektor birokrasi direalisasikan oleh Pemda Jabar.

Suara.com - Dorongan Presiden Joko Widodo untuk mewujudkan pelayanan publik yang optimal lewat transformasi digital pada seluruh sektor birokrasi secara konsisten direalisasikan oleh Pemda Jabar.

Pemda Jabar, melalui salah satu perusahaan BUMD, JTDigital (PT Jabar Telematika) menandatangani MoU dengan PT Cloud Hosting Indonesia, yang dikenal masyarakat dengan IDCloudHost. MoU yang ditandatangani bersama tersebut disaksikan oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan dimaksudkan untuk mendukung digitalisasi layanan publik di Jawa Barat.

"Kami mendukung penuh, program digitalisasi layanan publik yang dilakukan oleh Gubernur Ridwan Kamil dan jajarannya. IDCloudHost akan terus mendukung program digitalisasi yang dilakukan di Jawa Barat maupun di daerah lainnya di seluruh Indonesia. Kami mendukung pemanfaatan layanan cloud khususnya bagi aplikasi IoT, Satelit, dan TV Broadcasting bagi program digitalisasi di Jawa Barat", ungkap Alfian Pamungkas Sakawiguna, CEO IDCloudHost, pada kesempatan penandatanganan MoU.

Layanan cloud dan IoT tentunya memberikan banyak manfaat dalam perkembangan inovasi Smart City dan Smart Village di Indonesia. Kini data dari berbagai perangkat dapat disimpan dan dianalisis untuk memberikan informasi yang berguna bagi pemerintah.

Baca Juga: Usai Disuntik Salim Group, Emiten BINA Makin Agresif Gaet Nasabah Baru

IDCloudHost mendukung layanan Skytrek untuk membantu pemerintah provinsi Jawa Barat untuk memantau kondisi sungai Citarum, fish finder dan system emergency untuk kapal nelayan, memantau pengambilan air permukaan, early warning bencana alam dan pengelolaan informasi pasca bencana, pemantauan stok pangan dan lahan pertanian, pemantauan aset, serta berbagai layanan IoT lainnya yang diperlukan di Jawa Barat.

"Bagi Pemerintah Provinsi Jawa Barat, citra satelit dan data-data dari Skytrek akan memberikan real time data streaming ke Command Centre di Gedung Sate dan semua Command Centre yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota. Dengan layanan ini, Pemerintah Provinsi akan memiliki data lebih akurat untuk pengambilan keputusan", tambah Thalhah Fakhrizal, Direktur Utama, PT Jabar Telematika.

Informasi yang dimiliki juga bisa dibagi ke masyarakat melalui TVCC (TV Co-Creation). Dengan adanya TVCC maka nelayan setempat bisa mengetahui informasi lokasi ikan sebelum melaut, dan petani bisa mendapatkan data iklim untuk meningkatkan hasil pertaniannya.

Pada tahun 2022 pertumbuhan ekonomi Jawa Barat menjadi penopang pertumbuhan ekonomi Pulau Jawa dan nasional. Sejalan dengan pertumbuhan ekonomi Jawa Barat 2022 yang merupakan tertinggi serta berada di atas rata-rata nasional.

Capaian tersebut juga ditopang kinerja investasi di Jawa Barat yang merupakan yang tertinggi secara nasional dengan realisasi mencapai Rp 174,58 triliun.

Baca Juga: Ini Cara Tingkatkan Pelayanan Publik Lewat Wirausaha Sosial, Memang Bisa?